Lubuk Pakam, 3/6 (Antara Sumut) - Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, H Zainuddin Mars melepas kontingen daerah itu ke Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XIV Tahun 2014 yang berlangsung di Kabupaten Malang, Jawa Timur, 7– 12 Juni.

Pelepasan peserta kontingen Penas KTNA 2014 2014 ditandai dengan penyematan pin dan pemberian perlengkapan kepada peserta kontingen oleh Wabup Deli Serdang, Zainuddin Mars di Lubuk Pakam, Selasa.

Wabup H Zainuddin Mars ketika melepas kontingen Deli Serdang mengigatkan kepada seluruh peserta untuk dapat menjadikan Penas ini sebagai wadah belajar mengajar, tukar menukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerja sama antara petani nelayan.

"Pengalaman selama mengikuti Penas KTNA di Malang, selanjutnya dikembangkan seoptimal mungkin di daerah ini," ujarnya.

Karena, menurut dia, sektor pertanian dan perikanan merupakan prioritas pembangunan di Deli Serdang.

Hal ini, mengigat Deli Serdang sejak dulu dikenal sebagai daerah surplus beras.
"Kedepan kita harapkan dapat pula dikembangan potensi-potensi unggulan yang ada dengan menerapkan satu desa satu produk," ujar Wabup.

Sebelumnya Kepala Dinas Pertanian Deli Serdang, Sri Eka Yanti Danil, menjelaskan bahwa pelaksanaan Penas KTNA tahun ini dilaksanakan di Desa Kedung Pedaringan, Kecamatan Panjen Kabupaten Malang.

Peserta kontingen Deli Serdang berjumlah 65 orang dibagi dalam tiga kategori, yakni peserta utama dari kontak tani nelayan 41 orang, peserta pendamping 16 orang dan peserta peninjau delapan orang.

Selama mengikuti Penas KTNA, para peserta akan mengikuti sejumlah krgiatan, di antaranya rembug utama KTNA, upacara dan apresiasi, temu wicara dengan Presiden RI dan Pejabat tinggi Negara, temu profesi, temu petani ASEAN.

Kegiatan lainnya, temu usaha agribisnis, pameran, temu karya, widiyawisata, magang, perlombaan peragaan, unjuk tangkas, asah trampil, karya agroforestry, olah raga dan keakraban, festifal kesenian daerah dan kesekretariatan.

Hadir dalam acara pelepasan tersebut Asisten II Setdakab Deli Serdang, Redwin, Kadis Ketahanan Pangan Rosita Siregar, Kadis Kehutan Arli, Kadis Perikanan dan Kelautan Ikhsan Risyad Marbun serta sejumlah para pejabat Pemkab Deli Serdang. (TNA)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014