Batu Bara, 4/6 (Antara Sumut) - Sebanyak 66 petani dan nelayan di Kabupaten Batu bara, mengikuti Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIV di Malang, Jawa Timur, 7-12 Juni 2014.

"Manfaatkan Penas KTNA di Malang sebagai media komunikasi efektif untuk saling bertukar informasi, pengalaman dan menambah wawasan dalam mengelola pertanian dan perikanan,' kata Bupati Batu Bara, OK. Arya Zulkarnain ketika melepas keberangkatan kontingen Penas KTNA daerah itu, di Lima Puluh, Selasa.

Selama mengikuti Penas KTNA 2014, pihaknya minta para petani dan nelayan Batu Bara dapat mengikuti dengan seksama seluruh rangkaian kegiatan, sesuai dengan petunjuk teknis yang ditetapkan panitia penyelenggara.

"Saya harapkan peserta dapat memilih, memilah dan membagi tugas untuk memilih agenda kegiatan pokok yang harus diikuti," katanya.

Penyelenggaraan Penas KTNA oleh Pemerintah bertujuan memberikan perhatian terhadap pencapaian keberhasilan pembangunan bidang pertanian, perikanan dan kehutanan.

Karena itu, kata Bupati, kontingen KTNA Kabupaten Batu Bara seusai mengikuti pekan nasional tersebut mampu berperan menjadi motivator dan membagi pengetahuan yang mereka peroleh kepada petani dan nelayan di daerah itu.

Ia menambahkan, Pemkab Batu Bara melalui instansi terkait akan terus berupaya meningkatkan kinerja pembangunan di sektor pertanian dan perikanan guna mempertahankan swasembada beras dan meningkatkan hasil perikanan laut.

Upaya tersebut direalisasikan Pemkab Batu Bara dengan cara menambah sarana infrastruktur pertanian dan program pembinaan secara berkelanjutan terhadap petani dan nelayan lokal.

"Kami juga ingin kesejahteraan petani dan nelayan di daerah ini menjadi bertambah baik," ujar Bupati. (AS)

Pewarta: Ahmad Suhaimi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014