Medan, 25/5 (Antara) - Politisi muda Partai Persatuan pembangunan (PPP) yang juga anggota DPRD Kota Medan priode 2014-2019, H Irsal Fikri, meminta Pemerintah Kota setempat meningkatkan kualitas pendidikan agar sumber daya manusia di daerah itu mampu bersaing dengan daerah lain.

"Pembangunan pendidikan harus mendapat prioritas dan perlu lebih diperhatikan di Kota Medan, karena diharapkan mampu membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan bisa mengurangi angka kemiskinan," katanya di Medan, Minggu.

Hal tersebut dikatakan, ketika ditanya mengenai program yang akan dilakukan setelah terpilih menjadi anggota DPRD Kota Medan.

Irsal mengatakan, pihaknya merasa prihatin dengan perkembangan pendidikan di Kota Medan yang berpenduduk 2,3 juta jiwa, karena masih banyak ditemukan anak-anak yang telah berusia 7-10 tahun yang belum bersekolah.

Bahkan, menurut dia, usia anak-anak yang seperti itu, banyak yang berkeliaran bebas di Kota Medan, menjadi pengemis atau peminta-minta di tengah jalan dan persimpangan lampu merah
"Hal ini membuktikan masih banyaknya terdapat warga miskin Kota, dan mereka dianggap tidak mampu untuk menyekolahkan anaknya," ucap Irsal.

Dia menyebutkan, seharusnya Kota Medan sebagai kota ke-3 terbesar di Indonesia dan akan menjadi "kota metropolitan" tidak ada lagi ditemui anak-anak dan masyarakat yang jadi pengemis di jalan raya.

Fenomena yang terjadi seperti ini, ujarnya, tidak hanya dapat merusak keindahan kota Medan, tetapi juga citra daerah tersebut sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Irsal berharap kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Medan dapat memperhatikan dan memperjuangkan warga yang belum lagi bersekolah di Sekolah Dasar (SD).

Selain itu, jelasnya, warga masyarakat yang putus sekolah di SMP dan SMA, karena ketiadaan biaya dapat kembali diperjuangkan bersekolah.

Hal ini adalah bertujuan untuk mensejahterakan kehidupan warga dan mampu meningkatkan pendidikan di Kota Medan.Melalui program tersebut pembangunan perekonomian di Kota Medan semakin lebih baik.

"Kita harus dapat menciptakan SDM yang handal dan mampu bersaing dengan kota -kota besar lainnya yang sudah maju, ini hanya bisa diciptakan melalui pendidikan," kata Sekretaris DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Medan. (M034)

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014