Balige, Sumut, 16/5 (Antara) - Pengcab Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kabupaten Toba Samosir, mengirimkan sejumlah pegulat untuk mengikuti Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (PORWILSU) yang diselenggarakan di Kota Binjai, 16-18 Mei 2014.

"Pengiriman atlet mengikuti pekan olahraga tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan prestasi gulat di Kabupaten Toba Samosir," kata Ketua Pengcab PGSI Toba Samosir, Imran Napitupulu di Balige, Jumat.

Para pegulat tersebut, kata dia, akan mengikuti tiga pertandingan gaya bebas putra masing-masing pada kelas 50 kilogram, 60 kilogram dan 65 kilogram.

Ia berharap, selain mampu meraih medali, keikutsertaan pegulat dari daerah tersebut mampu membangun proses pembinaan olahraga gulat secara berkelanjutan, sistematis dan terus menerus hingga mencapai puncak prestasi maksimal.

Pengurus KONI Kota Binjai dengan surat bernomor : 89/KONI/KB/IV/2014 tanggal 7 April 2014 mengundang PGSI Toba Samosir untuk mengikuti pertandingan cabang olahraga Gulat pada PORWILSU tahun 2014 yang dilaksanakan di Gedung olahraga Binjai.

Diakuinya, perkembangan olahraga gulat di kabupaten berpenduduk 205.331 jiwa yang terletak di bagian tengah provinsi Sumatera Utara itu belum seperti cabang olahraga lainnya, namun para pengurus di wilayah setempat berupaya melakukan berbagai langkah dan terobosan.

Meski dengan dana relatif minim, kata Imran, pihaknya berupaya memberangkatkan atlet berikut pelatih dan ofisial untuk mengukir prestasi dalam event tetap yang dilaksanakan setiap tahun pada tingkat propinsi tersebut.

Menurutnya, para pegulat Toba Samosir harus memanfaatkan event tersebut sebagai momentum untuk meraih prestasi terbaik, sekaligus dapat dijadikan wahana dalam menjalin silaturrahim antar sesama atlet.

Penyelenggaraan Porwil cukup penting untuk mengakomodasi kebutuhan terhadap kompetisi, termasuk pada cabang olahraga gulat yang diharapkan akan lebih banyak memunculkan atlet-atlet terbaik.

"Melalui Porwil Sumut tahun ini, kita harapkan akan lebih banyak muncul atlet-atlet terbaik khususnya dari Kabupaten Toba Samosir," kata Imran. ***3***
(T.KR-JRD)
(T.KR-JRD/C/Suparmono/Suparmono)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014