Oleh Irwan Arfa

Medan, 16/4 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara melantik lima komisioner Kabupaten Tapanuli Utara di Medan, Rabu, untuk meneruskan penyelenggaraan berbagai tahapan Pemilihan Umum.

Kelima komisioner KPU Tapanuli Utara tersebut adalah Rudolf Sirait, Kopman Pasaribu, Barisman Panggabean, Julita Siregar, dan Galumbang Hutagalung.

Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengatakan, komisioner yang baru dilantik tersebut harus segera melakukan konsolidasi dengan seluruh penyelenggara di berbagai tingkatan.

Konsolidasi tersebut sangat dibutuhkan agar seluruh komisioner yang baru dilantik baru menyatukan komitmen untuk menyukseskan seluruh tugas dan tanggung jawab yang harus diemban.

Apalagi seluruh komisioner KPU Tapanuli Utara tersebut dilantik ketika tahapan Pemilu sedang berlangsung sehingga perlu cepat beradaptasi dengan berbagai tugas yang telah menanti.

"Pulang dari sini (KPU Sumut), langsung kerja," katanya didampingi tiga komisioner KPU Sumut lainnya yakni Benget Silitonga, Yulhasi, dan Evi Novida Ginting.

Sebagai pelaksana regulasi kepemiluan, seluruh komisioner KPU juga diinstruksikan untuk mempelajari berbagai aturan pelaksanaan Pemilu, baik berupa UU maupun Peraturan KPU RI.

Komisioner KPU juga diingatkan untuk mampu memberikan jarak dan sikap yang sama dengan seluruh peserta Pemilu, termasuk tuntutan agar bersikap bijaksana dalam memberikan keterangan mengenai kepemiluan.

"Apapun yang keluar dari mulut kita, bisa menjadi regulasi," ujar Mulia.

Setelah pelantikan, kelima anggota KPU Tapanuli Utara yang baru dilantik tersebut mendapatkan pengarahan teknis dari komisioner Sumut, termasuk penentuan divisi tugas.

Dari rapat pleno yang dilakukan, Rudolf Sirait disekapati menjadi Ketua KPU Tapanuli Utara. Kemudian, Kopman Pasaribu menjadi koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Antarlembaga, Barisman Panggabean menjadi koordinator Divisi Teknis Penyelenggara, Julita Siregar menjadi koordinator Divisi Sosialisasi, dan Galumbang Hutagalung menjadi koordinator Divisi Logistik, SDM, dan Keuangan. (I023)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014