Doloksanggul, Sumut, 28/3 (Antara) - Empat dokter spesialis yang bertugas di RSUD Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, akan memberikan peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah tersebut.

"Ke empat dokter spesialis tersebut bersedia melakukan tugas pengabdian di daerah ini, dan mereka telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Pemerintah daerah setempat," kata Kabag Humas Pemkab Humbahas, Osborn Siahaan di Doloksanggul, Jumat.

Dokter spesialis yang diwajibkan memberikan pelayanan kesehatan sama terhadap semua pasien tanpa diskriminatif itu, masing-masing Erika Panjaitan (spesialis anak), Mario Tambunan (spesialis penyakit dalam), Zulkifli Simanjuntak (spesialis patologi klinik) dan Tunggul Pasaribu (spesialis kebidanan).

Direktur RSUD Doloksanggul, dr Sugito Panjaitan bertindak atas nama Pemkab Humbahas telah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan para dokter spesialis dimaksud pada Kamis (27/3) di ruang kerja Bupati Humbahas.

Dalam perjanjian kerja tersebut, kata Osborn, para dokter spesialis dimaksud harus hadir dan melayani pasien di RSUD Dolokanggul tiga hari dalam seminggu. Apabila ada "emergency" mereka juga menyatakan kesiapan untuk dipanggil melayani pasien.

Juru bicara Pemkab Humbahas itu menyebutkan, mereka akan bertanggungjawab sepenuhnya atas segala pelayanan dan tindakan pelayanan kesehatan dan tarif pelayanan yang diberlakukan, sesuai ketentuan yang ditetapkan RSUD Doloksanggul.

Pemkab Humbahas, lanjutnya, wajib memberikan insentif yang bersumber dari APBD. Honor atau jasa dokter spesialis serta biaya makan, perumahan, perlengkapan habis pakai dan penunjang lain sesuai kebutuhan mendukung pelayanan kesehatan warga akan difasilitasi pemerintah daerah setempat.

Bupati Humbahas, Maddin Sihombing menyebutkan, kerjasama RSUD Doloksanggul dengan para Dokter spesialis dimaksud akan meningkatkan pelayanan bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada di daerah tersebut.

Dia juga berharap, RSUD Doloksanggul yang memiliki klasifikasi Tipe C itu dapat semakin dipercaya masyarakat. Saat ini, enam dokter spesialis yang bertugas, dan tiga dokter umum lainnya sedang mengikuti tugas belajar untuk memperoleh dokter spesialis.

Menurutnya, dalam waktu dekat, sedikitnya sembilan orang dokter spesialis dari berbagai jurusan akan melayani pasien di RSUD Doloksanggul.

"Kehadiran para dokter spesialis itu, dapat meringankan beban masyarakat, karena mereka tidak perlu lagi pergi berobat ke luar daerah. Hal tersebut merupakan tanggungjawab pemerintah yang dengan tulus akan meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat," ujar Maddin. ***3***
(T.KR-JRD)
Biqwanto
(T.KR-JRD/B/B. Situmorang/B. Situmorang)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014