Oleh Imam Fauzi

Langkat, Sumut, 20/3 (Antara) - Ratusan jamaah dari berbagai daerah di Sumatera Utara mulai padati perkampungan religius Babussalam desa Besilam Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat, untuk melakukan suluk maupun ziarah.

"Ratusan jamaah sudah berdatangan dari berbagai daerah," kata Ketua panitia peringatan wafatnya 90 tahun pendiri tariqat Naqsabandiyah Babussalam Haji Nunansyar di Padang Tualang, Kamis.

Jamaah yang berdatangan dari Sumatera Utara itu seperti Labuhan Batu, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara, Padang Lawas Selatan, Asahan, Tanjung Balai, katanya.

Mereka datang dengan mempergunakan bus, mobil pribadi, maupun kendaraan umum lainya, guna melaksanakan suluk dan ziarah, dalam rangka peringatan HUL ke-90 pendiri tariqat Naqsabandiyah Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidy Naqsabandy.

Tidak hanya dari Sumatera Utara saja, dari luar Sumatera Utara juga sudah berdatangan seperti Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jakarta, termasuk juga yang datang dari luar negeri Malaysia dan Singapura.

"Jamaah itu sudah melakukan suluk ada yang 40 hari, 20 hari dan 10 hari" katanya sekaligus menunggu punak peringatan HUL yang akan digelar 23 Maret mendatang.

Secara terpisah Bupati Kabupaten Langkat Haji Ngogesa Sitepu memeriahkan HUL ke-90 tuan guru Babussalam memberikan bantuan berupa sapi, beras, air mineral dan uang tunai.

Kiranya bantuan ini dapat bermamfaat, kata Bupati Ngogesa Sitepu.

Adapun bantuan yang diberikan sapi dari jenis brahma seberat 120 kilogram, beras tiga ton, 100 kotak air mineral dan uang kontan Rp 15 juta.

Turut serta dalam penyerahan bantuan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Haji Ahmad Mahfuz, Kepala Bahagian Kesejahteraan Sosial Haji Syahrizal, Kepala Wilayah kecamatan Padang Tualang Muhammad Yusuf.

Pada kesempatan itu tuan guru Babussalam Syekh Haji Hasyim Al Syarwani, menyampaikan terima kasih atas perhatian penuh Bupati Langkat yang tak pernah alpa memberikan bantuan setiap tahunnya.

Baik berupa bantuan dari pemerintah Langkat, maupun juga bantuan secara pribadi seperti yang diwujudkan untuk HUL ke 90 ini.

"Kami senantiasa mendoakan semoga sehat dan semakin bijaksana dalam memimpin rakyat Langkat," katanya.***3***
(T.KR-IFZ/B/Y. Alfrin/Y. Alfrin)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014