Oleh Evalisa Siregar

Medan, 13/2 (Antara)- Kementerian Komunikasi dan Informatika menggalang bantuan untuk korban erupsi Sinabung, Karo, Sumatera Utara, dan sekaligus meminta semua operator telekomunikasi tetap menjaga kualitas komunikasi sekaligus menyediakan layanan gratis.

"Alhamdulillah ajakan untuk peduli dengan korban Sinabung, Karo dan korban bencana di daerah lainnya selalu direspon dengan baik. Untuk Sinabung, misalnya, bantuan beragam mulai sembako, sandang dan lainnya, hari ini sudah ada dan siap diantarkan ke pengungsian," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring di Medan, Kamis.

Dia mengatakan itu sesaat sebelum melepas 20 truk dan 17 kenderaan lain pembawa berbagai bantuan dari berbagai perusahaan mulai operator telekomunikasi seperti Telkom dan Telkomsel, media televisi, radio dan sejumlah perusahaan perbankan antara lain Lippo Group.

Bantuan yang nilainya puluhan miliar rupiah itu sebelum diberangkatkan diserahkan secara simbolis kepada Pemerintah Provinsi Sumut yang diterima langsung oleh Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho di halaman Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro, Medan.

Menurut Menteri, semua masyarakat khususnya perusahaan diminta peduli dengan masalah dan korban bencana alam, apalagi dewasa ini sedang terjadi bencana dimana-mana termasuk banjir di Jakarta dan Menado.

Mengingat ditengah bencana, komunikasi sangat diperlukan, katanya, maka Kemkominfo sejak awal sudah mengintsruksikan agar semua perusahaan telekomunikasi tetap menjaga kualitas layanan komunikasi dan sekaligus menyediakan layanan gratis untuk kepentingan warga, relawan dan pemerintah yang berada di lokasi pengungsian.

"Kehadiran saya kembali kali ini juga untuk memastikan infrastruktur telekomunikasi di kawasan bencana Gunung Sinabung, Karo. Kunjungan sebelumnya, saya melihat dan merasakan kualitas jaringan komunikasi di Sinabung cukup bagus,"katanya.

Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang menyosialisasikan soal pemulangan dan relokasi para pengungsi.

"Meski belum masuk dalam bencana nasional, tetapi peran Pemerintah Pusat diakui cukup besar dalam menanggulangi 30ribuan pengungsi Sinabung.Peran masyarakat luas seperti perusahaan BUMN dan swasta juga cukup besar dan diharapkan terus berlangsung," katanya. ***3***
(T.E016/B/Farochah/Farochah)

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014