Medan, 21/1 (Antara) - Pemenang konvensi calon presiden Partai Demokrat tetap akan ditentukan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tiga lembaga survei terpercaya, kata anggota Komite Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Hinca Pandjaitan.

"Pemenang konvensi calon presiden bukan ditentukan oleh partai, melainkan melalui perankingan yang dilakukan oleh tiga lembaga survei," katanya di Medan, Selasa.

Ketiga lembaga survei yang telah ditunjuk tersebut akan melakukan tugasnya sampai April 2014, dan selanjutnya hasilnya akan diserahkan kepada Komite Konvensi Partai Demokrat.

"Artinya bukan partai yang menentukan pemenang konvensi, melainkan hasil surve. Keputusan final pemenang konvensi akan diumumkan pada survei terakhir Bulan April 2014," katanya.

Ia mengatakan dari 6-9 Januari 2014, ke-sebelas calon yang mengikuti konvensi Partai Demokrat diberi ruang terbuka untuk sebebasnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang program dan visi misinya.

"Selama empat hari itu mereka diberi kebebasan untuk melakukan blusukan ke berbagai daerah, untuk lebih mengenalkan dirinya kepada masyarakat, maupun untuk lebih memahami karakter maupun harapan berbagai lapisan masyarakat," katanya.

Untuk lebih mengenalkan peserta konvensi ke tengah-tengah masyarakat, Komite Konvensi Partai Demokrat juga melakukan "Debat Kenegaraan" antar calon di beberapa kota di Indonesia.

Seperti di kota Medan, kemudian dilanjutkan ke Palembang, Bandung, Surabaya, Semarang, Balik Papan, Makassar, Ambon, Denpasar, dan terakhir debat kenegaraan antar calon dilakukan di Kota Jayapura.

Ke-11 peserta konvensi tersebut yakni Hayono Isman (anggota DewanPembina Partai Demokrat), Irman Gusman (Ketua DPD), Gita Wirjawan
(Menteri Perdagangan), Dahlan Iskan (Menteri BUMN), Ali Masykur Musa (Anggota BPK) dan Pramono Edhie Wibowo (Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat).

Kemudian Dino Patti Djalil (Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat), Endriartono Sutanto (Mantan Panglima TNI), Marzuki Alie
(Wakil Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga Ketua DPR), Anies Baswedan (Tokoh Indonesia Mengajar) dan Sinyo Haris Sarundajang (Gubernur Sulawesi Utara).

***1***
Zita Meirina

 

(T.KR-JRD/B/Z. Meirina/Z. Meirina)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014