Medan, 25/7 (Antara) - Pihak kepolisian akan menyiapkan sejumlah pos pengamanan untuk menjaga ruas jalan yang menjadi jalur masuk dan keluar Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Dalam peninjauan ke Bandara Kualanamu, Kamis, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan sejumlah pos pengamanan ditempatkan di ruas jalan yang belum memiliki penerangan.

"Tadi, sudah dikoordinasikan dengan Kapolres (Deli Serdang AKBP Dicky Patrianegara), ada penempatan satuan untuk menjaga jalan keluar," katanya.

Selain penyiapan pos pengamanan, kata Wamenhub, PT Angkasa Pura 2 juga akan mengadakan lampu penerangan dengan metode solar.

Penyiapan lampu penerangan tersebut dimaksudkan untuk mendukung kemudahan bagi masyarakat yang akan menuju atau keluar dari Bandara Kualanamu.

"Dari pada menuggu-nunggu, padahal (jalan) itu adalah akses yang harus disediakan," katanya.

Dengan penyiapan pos pengamanan dan lampu penerangan jalan tersebut, diharapkan kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dapat ditekan.

Dari Dinas Perhubungan, akan disiapkan juga rambu-rambu lalu lintas yang akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendatangi Bandara Kualanamu.

Namun sebagian rambu-rambu lalu lintas tersebut tidak dapat dipasangn selluruhnya karena beberapa ruas jalan belum selesai dan belum berfungsi sebagaimana mestinya.

"Padahal, untuk bandara sekelas Bandara Kualanamu jalannya dua kali dua lajur," kata Wamenhub.

Setelah melakukan pengamanan dan penerangan lampu jalan tersebut, pihaknya akan mengadakan evaluasi secara berkala untuk mengetahui tingkat kemajuan yang diraih.

"Ada evaluasi harian, mingguan, hingga evaluasi bulanan. Itu untuk melihat apakah semua sistem sudah berfungsi sesuai yang direncanakan," kata Wamenhub. ***2***
(T.I023/B/N. Yuliastuti/N. Yuliastuti)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013