Selasa, 17 Oktober 2017

DPR Sosialisasi Kesehatan Calhaj 2018

| 523 Views
id Kesehatan calhaj, dpr
DPR Sosialisasi Kesehatan Calhaj 2018
. (Sukardi)
Aekkanopan, 8/10 (Antarasumut) - Anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Sumut II Dr H Saleh Partaonan Daulay MAg MHum MA melaksanakan reses di Labuhanbatu Utara (Labura), Minggu. Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Mesjid Raya Al Aman Aekkanopan itu, politisi Partai Amanat Nasional itu mensosialisasikan masalah kesehatan bagi calon jemaah haji 2018.

Dikatakannya, masalah kesehatan merupakan hal yang paling perlu untuk dijaga setiap calon haji. Alasannya, Rukun Islam kelima itu menitikberatkan ibadah pada aktivitas jasmani seperti sa’I, melempar jumroh dan wukuf di Arafah.

 “Hampir 70% suksesnya orang melaksanakan ibadah haji ditentukan oleh kesehatan fisik,” kata mantan Ketua Komisi VIII DPR RI yang sekaran bergabung di Komisi IX tersebut di hadapan sekitar 200 calhaj asal Labura yan dijadwalkan berangkat tahun depan.

 Merujuk kasus tahun kemarin, dari ratusan ribu jamaah yang berangkat, tercatat 653 jamaah asal Indonesia yang meninggal di tanah suci. Sebagian besar hal itu dikarenakan kondisi kesehatan merelka yang tidak prima saat melaksanakan ibadah.
Karenanya, ia mengharapkan agar calhaj yang akan berangkat dari Tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu dapat mulai sekarang menjaga kesehatan tubuh masing-masing. Walau diakuinya factor umur tidak harus menjadi patokan kesehatan seseorang.

“Ada juga walau masih usia muda, tapi ia mengidap sejumlah penyakit. Sebaliknya, ada yang terlihat berusia lanjut, namun kebugarannya dalam melaksanakan ibadah mengalahkan orang-orang yang berusia di bawahnya,” jelasnya.

Sebelumnya, pejabat dari Kementerian Kesehatan RI yang turut hadir dalam acara itu juga menyampaikan sejumlah paparan terkait hal-hal yang perlu dijaga para calhaj di tanah suci nantinya. Sementara dari Dinas Kesehatan Labura turut memberikan paparan dr Mimi.

            Acara yang berlangsung sederhana itu juga diisi dengan tanya jawab antara calhaj dengan anggota DPR RI yang berlatar belakang aktivitas serta dosen itu. Kepada setiap penanya, Saleh Partaonan memberikan tali asih.  

            Terlihat hadir pada acara itu Ketua DPD PAN Labura H Syahrul Siagian, Kasi Urusan Haji Kakan Kemenag Labura Dr HM Yunus Silaen MA dan Ketua BKM Al Aman Aekkanopan HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI.

Editor : Juraidi

COPYRIGHT © ANTARASUMUT 2017