Pematangsiantar, Sumut, 5/1 (antarasumut). KPU Daerah Pematangsiantar melalui rapat pleno terbuka menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilgubsu 2013 sebanyak 189.313 jiwa yang tersebar di 8 kecamatan se Kota Pematangsiantar, Sabtu siang.

Ada sebanyak 10.982 penambahan pemilih dari hasil rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS), dan 11.342 lebih banyak dari pemilih Pilkada Wali Kota Pematangsiantar pada 2010 lalu. Penambahan ini dimaklumi karena bertambahnya pemilih pemula dan perpindahan penduduk.

Setelah DPT ditetapkan, Pelaksana Ketua KPUD Kota Pematangsiantar Mangasitua Purba SH menegaskan, tidak akan ada lagi penambahan pemilih pada ajang pesta demokrasi pemilihan Gubernur Sumut 2013 ini.

“Kalau pengurangan dimungkinkan ada seperti penduduk yang meninggal atau pindah ke luar kota,” sebut Mangasi sembari menegaskan pihaknya tetap akan melakukan validasi data DPT yang ada di PPK.

Dari pleno yang dipaparkan melalui 8 PPK secara bergilir, Kecamatan Siantar Utara memiliki pemilih terbanyak mencapai 40.064 jiwa termasuk 2021 penambahan pemilih, pemilih paling sedikit di Kecamatan Siantar Marimbun 11.369 setelah penambahan pemilih sebanyak 556 jiwa.

Menyikapi tim kampanye ke lima calon dan Panwaslu yang mensoroti kinerja PPS dan PPK terutama pada pendataan pemilih, anggota KPUD Pematangsiantar, Batara Manurung mengakui kelemahan sejumlah PPS yang belum menguasai penggunaan komputer sehingga ditemukan ribuan pemilih ganda.

“Ada kita temukan daftar pemilih ganda dalam laporan karena anggota PPS banyak yang tidak bisa memakai komputer, makanya kita (KPU,red) validasi kembali data itu,” ujar Batara sembari menegaskan KPUD Pematangsiantar tetap mempertahankan DPT rapat pleno terbuka ini.

Untuk keperluan pemilihan, KPUD Pematangsiantar mempersiapkan 464 tempat pemungutan suara (TPS), yang disebar di kelurahan-kelurahan ditambah 5 TPS khusus di RS Vita Insani, RS Horas Insani, RSUD dan RS Harapan serta TPS berjalan.

Rapat Pleno yang dihadiri 3 anggota KPUD Pematangsiantar, Managsitua Purba SH, Drs H Amril Zein, Batara Manurung plus 1 anggota KPU Provinsi Sumut Drs Surya Perdana SH MHum, 5 tim kampanye calon Gubsu, Panwaslu Kota dan Panwaslu Kecamatan, berlangsung lancar dalam kurun waktu sekitar 75 menit. (Waristo)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013