Medan,3/1 (antarasumut)- Dinas Bina Marga Kota Medan akan segera mengaspal  Jalan  Speksi  yang menghubungkan  antara Jalan Seksama Ujung  di Kelurahan Sitirejo III, Kecamatan Medan Amplas dengan Jalan Seksama  Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai.

"Dengan pengaspalan ini  diharapkan dapat mengurai kepadatan arus lalu lintas, terutama  seputaran Jalan Selamat. Selain itu warga Jalan Selamat Ujung tidak perlu harus memutar terlalu jauh untuk menuju Jalan Seksama dan begitu sebaliknya," katanya saat meninjau ke lapangan bersama Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSi didampingi Kadis Bina Marga  Ir Gunawan, Kamis (3/1).

Dengan pengasapalan ini, kita berharap Jalan Speksi menjadi jalan alternatif untuk mengurai kepadatan  arus lalu lintas di Jalan Selamat Ujung dan Jalan Seksama, terutama seputaran Jalan Selamat,” juelasnya.

Setelah  Jalan Speksi selesai diaspal, Wali Kota minta kepada Dinas Bina Marga untuk mengaspal jalan penghubung dari Jalan Seksama sampai tembus Jalan Bromo. Jadi total panjang yang akan diaspal keseluruhannya lebih dari 2 kilometer. “Jika jalan ini selesai, maka bisa digunakan pengemudi sepeda motor, becak bermotor serta mobil sehingga sedikit mampu mengatasi kemacetan,” paparnya.

Dalam peninjauan yang dilakukan, Wali Kota juga menemukan ada parit yang dipenuhi tebu liar dan gorong-gorongnya tersumbat sehingga air parit tidak dapat mengalir.  Atas temuan tersebut, Wali Kota langsung memanggil Camat Medan Denai Edi Mulia  Matondang. Begitu tiba di lokasi, camat langsung  diperintahkan untuk mengatasi parit dan gorong-gorong tersebut. “Jika membutuhkan bantuan, koordinasi dengan Dinas Bina Marga. Saya ingin parit ini secepatnya dapat mengalir kembali!” tegasnya.

Selain parit tersumbat, Wali Kota juga menemukan  masih ada warga yang membuang sampah ke pinggiran Sungai Denai. Kondisi itu menyebabkan terjadinya beberapa tumpukan sampah. Karenanya, Wali Kota berharap minta peran serta dan dukungan dari masyarakat  agar tidak membuang sampah sembarangan. Disarankannya sampah rumah tangga agar diwadahi dengan plastik dan goni. Setelah itu diletakkan di depan rumah, petugas kebersihan selanjutnya yang akan mengangkutnya.

“Jika tempat sampah tidak ada, kita akan buat. Saya tidak mau bantaran Sungai Denai ini  jadi tempat pembuangan sampah. Untuk itu saya minta kepada camat dan lurah  supaya mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan lagi, terutanma bantaran sungai,” harapnya.

Usai meninjau Jalan Speksi, Wali Kota melakukan pengecekan renovasi jembatan Jalan Kapten Maulana Lubis, persisnya depan Balai Kota. Selain melihat konstruksi jembatan, Wali Kota juga  minta penjelasan dari Kadis Bina Marga terkait hasil akhir jembatan nanti dan pengaspalan yang akan dilakukan. Dengan demikian  pelebaran jembatan yang dilakukan  dapat  membuat kenyamanan bagi pengendara kenderaan bermotor yang melintas.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013