Debat perdana Pilkada Samosir yang digelar di LePolonia Hotel, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/10) malam berlangsung alot. Pasalnya, kedua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati saling senggol terkait kelayakan menjadi pemimpin di Kabupaten Samosir.

Awalnya debat perdana dengan mengusung tema 'Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Kemajuan Kabupaten Samosir' itu pun berlangsung normal dengan masing-masing paslon menyampaikan visi misi dan program apabila terpilih nantinya.

Namun memasuki segmen ketiga sampai keenam dimulai interaksi tanya jawab kedua paslon yang diajukan para Panelis Debat Kandidat, debat yang semula sejuk berubah menjadi alot. Terlebih ketika setiap paslon memberikan pertanyaan dan tanggapan dari paslon lain.

Salah satu pemicu alot nya debat ialah ketika Calon Bupati nomor urut 1 yakni Freddy Situmorang menyebut regulasi yang dijanjikan bagi petani di Samosir. 

"Regulasi ketersediaan pupuk dan bibit terjaga bagi petani, ini menjadi inovasi kami," sebut Freddy.

Pernyataan itu pun langsung di timpal oleh Calon Bupati nomor urut 2, Vandiko Timotius Gultom yang tampak lebih menguasai jalannya debat dengan menyebut dirinya sudah memiliki cukup pengalaman dan telah melaksanakan seperti apa program yang masih hanya sebatas niat ingin dijalankan paslon nomor 1 tersebut saat Vandiko menjabat sebagai Bupati Samosir periode 2019-2024.

"Program yang dikatakan paslon nomor urut satu tadi, itu semua sudah kami lakukan dan perbuat melalui program petani 'Pangula Nature'. Jangan hanya sebatas kata-kata tanpa data," kata Vandiko.

Vandiko juga menambahkan, secara keseluruhan capaian Kabupaten Samosir saat ini di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, pariwisata hingga infrastruktur sudah baik. 

Pasangan Vandiko-Ariston akan melanjutkan pembangunan tersebut dengan kembali meningkatkan program-program yang sudah dilakukan sesuai visi misi. 

"Masyarakat sudah melihat secara langsung capaian visi misi periode sebelumnya seperti apa kondisi Samosir saat ini. Bahkan laju pertumbuhan ekonomi saat ini di atas angka capaian tingkat Provinsi Sumut. Tinggal perlu nanti ke depan Vandiko-Ariston mengembangkan program yang sudah dilaksanakan dan apa lagi yang untuk direncanakan," jelasnya.

Meskipun sempat memanas dan alot, kedua paslon berfoto bersama dan berjabat tangan disambut tepuk tangan meriah seluruh peserta  dan penyelenggara yang hadir di akhir sesi debat perdana tersebut.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024