Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak Majelis Ulama Indonesia (MUI) wilayah ini memperkuat koordinasi karena berperan penting bagi masyarakat terkait dengan kemaslahatan umat.

"Peran MUI sangat dibutuhkan oleh pemerintah dan juga masyarakat. Karena peran ulama adalah memberikan pencerahan pada umat. Yang menuntun umat adalah ulama dan umara. Inilah yang sangat berpengaruh untuk kemaslahatan umat," ujarnya pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) MUI Kabupaten/Kota se-Sumut di Medan, Sabtu.

Ia berharap, MUI Sumut lebih aktif memberikan pencerahan kepada umat melalui dunia maya agar mempermudah masyarakat mendapatkan akses segala kegiatan MUI melalui media sosial.

"Diharapkan segala nasihat ini nantinya dapat diakses oleh masyarakat kita. Karena perkembangan zaman saat ini semua dapat mengakses informasi melalui internet," kata dia.

Sebagai mitra strategis, Agus Fatoni menegaskan, pemerintah provinsi setempat akan mendukung kegiatan MUI di wilayah ini.

Dia berharap, kegiatan-kegiatan MUI akan mencerahkan bagi pemerintah maupun masyarakat.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak MUI provinsi maupun kabupaten/kota menyukseskan Pilkada 2024 pada 27 November mendatang.

"Saya harap juga MUI untuk dapat mengajak masyarakat memilih pemimpin nantinya pada saat pilkada," ujarnya.

Ketua MUI Sumut Maratua Simanjuntak menyampaikan rakorda ini penting untuk menguatkan peran MUI dalam pembangunan di Sumut serta bertujuan menyatukan visi MUI guna kemaslahatan umat.

Dia menjelaskan tugas dan fungsi MUI melayani umat (khadimul umat) dan menjadi mitra pemerintah (shadiiqul hukumah) sesuai dengan tema rakorda, yakni "Penguatan Organisasi untuk Meningkatkan Peran MUI sebagai Khadimul Ummah dan Shadiqul Hukumah".

"Sebagai mitra pemerintah, MUI juga meminta masukan dan saran dari pemerintah yang kesemuanya untuk kemaslahatan umat," ucap dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024