Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengirimkan tim mahasiswa dari Fakultas Teknik untuk mengikuti kontes kapal Indonesia yang digelar di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan Kolam SIER Surabaya.   

Rektor UMSU Prof. Agussani di Medan, Sabtu, mengatakan keterlibatan UMSU dalam berbagai kompetisi teknologi, seperti robotik dan kapal, sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak.

Termasuk Konsul Jepang saat berkunjung telah memberikan apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Teknik UMSU.   

"Alhamdulillah, semoga sukses dan menambah wawasan serta pengalaman bagi tim. Tidak semua perguruan tinggi di Indonesia mengikuti kompetisi bergengsi ini, namun UMSU mampu bersaing di tingkat nasional dan tidak dapat dipandang sebelah mata," katanya.

Kompetisi Kapal Indonesia 2024 akan menjadi tantangan tersendiri bagi tim UMSU yang akan bersaing dengan tim-tim terbaik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk itu ia mengingatkan mengingatkan pentingnya kekompakan tim serta bimbingan yang baik dari dosen pembimbing.   

"Yang terpenting adalah menjaga kekompakan dan performa tim di setiap tahap kompetisi, serta memanfaatkan pembekalan dari para dosen pembimbing," katanya.

Sebelumnya Ketua tim Azri Adlih mengatakan selama kompetisi, tim akan melewati berbagai tahapan seperti uji coba di kolam, penilaian poster, presentasi, serta uji performa kapal.

Kompetisi ini akan diikuti oleh 45 perguruan tinggi se-Indonesia, di mana tim UMSU UMSU menjadi salah satu dari 29 tim yang berhasil masuk ke divisi tersebut.

Kapal VENSHIP inovasi mahasiswa Fakultas Teknik UMSU merupakan kapal Platform Supply Vessels (PSVs) yang dirancang dengan bentuk lambung Monohull Monomaran dan sumber penggerak engine Zenoah 30cc.

Kapal VENSHIP UMSU memiliki kemampuan mengangkut barang kebutuhan di offshore dengan melewati pulau-pulau dan selat-selat di seluruh wilayah Indonesia.

Dioperasikan untuk mengangkut barang-barang keperluan di offshore atau platform untuk menunjang operasi penambangan Migas di laut lepas. Kapal VENSHIP UMSU dapat bergerak cepat, stabil dan dapat bermanuver dengan baik.



 

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024