Huria Kristen Batak Protestan akan menggelar Sinode Godang ke-67 sebagai agenda penting HKBP dalam pemilihan lima pimpinan hingga penetapan Rencana Strategis HKBP 2024-2028.

"Sinode Godang Huria Kristen Batak Protestan ke-67 akan berlangsung 2-8 Desember 2024, di Seminarium Sipoholon Tapanuli Utara," ujar Ketua Umum Panitia sekaligus Sekretaris Jenderal HKBP, Pdt Victor Tinambunan didampingi Ketua I, Pdt Enig Sonatha Aritonang, di Kantor Pusat HKBP di Pearaja Tarutung, Jumat (25/10).

Disebutkan, agenda sinode mengangkat tema "Supaya kamu dibaharui dalam roh dari pikiranmu" (Efesus 4:23) dan sub tema, "Dalam Kasih Kristus dan Persekutuan Roh, HKBP membarui janji, karakter, kultur dan kemampuan pelayan,warga dan institusinya melaksanakan tugas panggilan Allah".

Dalam Sinode Godang, pemilihan 5 pimpinan HKBP, yakni Ephorus, Sekjen , Kepala Departemen Koinonia, Marturia, dan Kadep Diakonia, serta pemilihan 32 Praeses akan digelar. 

"Selain itu, agenda penting lainnya adalah pelaporan Barita Jujur Taon Ephorus, pelaporan pelayanan Sekjen dan Kepala Departemen, juga penetapan Rencana Strategis HKBP 2024-2028," sebut Pdt Victor Tinambunan.

Peserta Sinode Godang, kata Pdt Enig, akan diikuti sebanyak 1742 orang yang terdiri dari Pendeta Resor, utusan jemaat, dan peninjau.

Sehingga, agenda sinode godang yangg dihadiri seluruh peserta ditambah panitia dan undangan lainnya akan menghimpun sekitar 2000-an orang.

"Mulai saat ini, panitia telah melakukan persiapan, baik itu menyoal fasilitas, dan kebutuhan lainnya di Seminarium Sipoholon," jelasnya.

Sesuai harapan panitia, agenda pembukaan sinode akan dihadiri Jend (Purn) Luhut Binsar Panjaitan yang telah memberikan  banyak kontribusi bagi HKBP.

Juga akan diikuti kehadiran Gubernur Sumatera Utara, Pangdam I/BB, Kapolda Sumatera Utara, Bupati, pimpinan gereja tetangga, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024