Penjabat Bupati Tapanuli Utara Dimposma Sihombing menegaskan, kegiatan evaluasi triwulan kedua atas kinerjanya selaku Pj Bupati berlangsung lancar di hadapan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI di Jakarta.

"Siang tadi, saya mengikuti evaluasi triwulan kedua atas kinerja saya selaku Pj Bupati yang berlangsung lancar," ungkap Dimposma via selulernya, Rabu (23/10).

Disebutkan, kinerja triwulan II dipaparkan meliputi isu inflasi, di mana semenjak kepemimpinan Pj Bupati Tapanuli Utara pada periode Mei minggu pertama hingga Agustus minggu keempat, indeks perkembangan harga di Taput relatif stabil dan mengalami perbaikan setiap minggu.

Selanjutnya, persoalan lainnya juga dipaparkan saat didampingi Plh Sekda Taput David Sipahutar bersama sejumlah pimpinan OPD Pemkab Taput, yakni masalah stunting yang didasarkan data SKI 2023 prevalensi stunting di Taput sebesar 27,4, dan semenjak Pj Bupati Taput hingga TW II angka stunting sudah mengalami penurunan dan diperkirakan sudah berada di angka 8,80.

Termasuk juga, indeks tingkat pengangguran terbuka yang mampu ditekan melalui penyelenggaraan berbagai pelatihan untuk masyarakat seperti pelatihan menjahit, membuat kue dan roti, tata kecantikan, dan listrik. 

Selanjutnya, sisi kemiskinan ekstrem juga mampu diatasi, salah satunya adalah dengan percepatan realisasi anggaran untuk mendukung kesehatan masyarakat serta pemberian benih untuk kelompok tani serta kegiatan lainnya yang mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

Juga terkait penyerapan anggaran, di mana penyerapan anggaran mengalami kenaikan dari angka semula pada TW I sebesar 9,13 persen dan pada TW II sebesar 37 persen, dan TW III diperkirakan mencapai 64,63 persen.

Dalam mencapai peningkatan kinerja Pj Bupati Tapanuli Utara mengalami kendala dalam hal keterbatasan anggaran serta permasalahan lainnya yang juga disampaikan kepada evaluator. 

Para evaluator memberikan apresiasi kepada Pj Bupati Tapanuli Utara terkait capaian lima indikator tersebut dan memberikan beberapa masukan untuk perbaikan pada triwulan selanjutnya.

Dalam pernyataan penutupnya, Pj Bupati Taput juga menyampaikan akan terus melakukan perbaikan dan mencoba inovasi untuk mendorong peningkatan pembangunan Tapanuli Utara yang merupakan tanah kelahirannya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024