Kondisi berawan berpotensi dialami oleh sebagian besar kota di Indonesia dengan beberapa wilayah dapat mengalami hujan dengan beragam intensitas, menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Prakirawan BMKG Kania Mustikawati dalam siaran prakiraan cuaca daring diikuti dari Jakarta, Rabu, mengatakan hujan ringan berpotensi dialami wilayah Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung, serta hujan petir di Pangkal Pinang.

Sementara Banda Aceh dan Padang diprakirakan mengalami cuaca berawan tebal, dan di Tanjung Pinang berkabut.

Di wilayah Pulau Jawa, Kania menjelaskan terdapat potensi didominasi kondisi berawan yang dapat dialami masyarakat berada di wilayah Serang, Jakarta, dan Yogyakarta serta udara kabur di Semarang dan Surabaya. Potensi hujan ringan juga diprakirakan dapat dialami oleh daerah Bandung.

Prakirawan BMKG juga menyebut di wilayah Bali dan Nusa Tenggara akan mengalami kondisi berawan, terutama di daerah Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Kondisi berawan juga ditemukan di kota-kota besar di Kalimantan, secara khusus di Palangka Raya, Samarinda, dan Banjarmasin. Dia juga mengatakan terdapat potensi hujan ringan di Tanjung Selor dan waspada potensi petir di Pontianak.

 

Cuaca berawan diprakirakan akan dialami juga oleh wilayah Gorontalo, Makassar, dan Kendari, serta udara kabur di Palu. Di Manado dan Mamuju berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan.

 

 

Di Indonesia bagian timur, cuaca berawan hingga berawan tebal diprakirakan BMKG dapat dialami daerah Ternate, Sorong, dan Ambon. Sementara hujan lebat berpotensi terjadi di Nabire, hujan sedang di Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke, serta hujan ringan
 di Manokwari.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan cuaca berawan di sebagian besar kota di Indonesia

Pewarta: Prisca Triferna Violleta

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024