Sejumlah elemen masyarakat mengapresiasi langkah tegas Penjabat Bupati Tapanuli Utara Dimposma Sihombing yang membebaskantugaskan sementara Indra Simaremare dari posisinya sebagai Sekdakab Taput untuk memudahkan pemeriksaan atas dugaan pelanggaran disiplin berat pasca beredarnya video mesum mirip dirinya bersama seorang ASN cantik mirip eks pegawai Pemkab Taput.

Apresiasi tersebut disampaikan dalam bentuk ucapan yang ditorehkan pada puluhan papan bunga oleh berbagai tokoh maupun elemen masyarakat dan dipajang secara berjejer di sisi jalan menuju Kantor Bupati Taput, dan di depan Rumah Dinas Bupati Taput, dalam beberapa hari terakhir hingga hari ini, Minggu (13/10).

Beragam narasi kalimat dibubuhkan di atas papan bunga sebagai ungkapan selamat dan sukses kepada Pj Bupati Taput, Dimposma Sihombing yang telah membebastugaskan Indra Simaremare dari jabatan Sekda dan digantikan oleh David Sipahutar selaku Pelaksana Harian Sekda.

Amatan Antara, papan bunga tersebut mencantumkan nama dan organisasi yang berbeda-beda mulai dari anggota DPRD Taput, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta elemen masyarakat lainnya.

Menurut sejumlah warga, ucapan selamat yang dituangkan dalam papan bunga tersebut merupakan bentuk dukungan masyarakat Taput kepada Pj Bupati Dimposma Sihombing yang mampu bertindak tegas dalam menyikapi dugaan tindakan asusila bawahannya di lingkungan Pemkab Taput.

"Beredarnya video mesum yang mirip oknum Sekda Indra bersama ASN cantik itu sudah sangat meresahkan masyarakat Taput selama beberapa bulan terakhir. Tindakan Pak Pj Bupati sudah sangat tepat dalam menyelamatkan marwah pemerintah," sebut Lumbangaol, warga Tarutung, Minggu (13/10).

Menurutnya, meski masih dalam proses pemeriksaan atas dugaan tersebut, namun karena kemiripan wajah kedua pelaku dalam video mesum sepertinya sudah terlanjur mencoreng sisi moralitas.

"Semoga saja si oknum mampu bersikap dewasa dan menjalani pemeriksaan tanpa embel-embel jabatan, dan segera menyadari akan kelakuannya yang telah mencoreng marwah pemerintah," ujar Lumbangaol.
 
Senada, Lae Hutabarat warga Tarutung juga mengatakan bahwa video asusila mirip Sekda Indra tersebut bahkan telah menjadi sorotan media lokal dan nasional, baik media cetak, media online, hingga media televisi.

"Taput itu, khususnya Tarutung adalah kota rohani yang mayoritas penduduknya adalah suku batak yang menjunjung tinggi norma-norma adat dan budaya. Makanya, tindakan tegas Pj Bupati Taput Dimposma yang membebastugaskan Indra Simaremare sangatlah pantas untuk diapresiasi," imbuhnya.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Tapanuli Utara, Dimposma Sihombing membebastugaskan Indra Sahat Hottua Simaremare dari jabatatan Sekdakab Taput untuk kelancaran proses pemeriksaan terkait kasus video mesum mirip dirinya bersama seorang ASN berwajah cantik, eks pegawai Pemkab Taput.

Keputusan Bupati Taput tersebut dituangkan dalam Keputusan Bupati Tapanuli Utara nomor 686 tahun 2024 tertanggal 04 Oktober 2024, yang memutus membebaskan sementara Indra dari tugas jabatan Sekdakab.

Selain membebastugaskan Indra SM Simaremare, Pj Bupati Dimposma juga menerbitkan Surat Perintah Pelaksana Harian nomor 800.1/2419/X/2024 tentang penunjukan David Sipahutar yang merupakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat untuk melaksanakan tugas sebagai pelaksana harian Sekdakab Taput.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024