Masyarakat Tapanuli bagian selatan (Tabagsel) menantikan program calon Gubernur Sumut nomor urut 1 Bobby Nasution berobat gratis cuma pakai Kartu Tanda Penduduk (KTP).
 
"Program berobat gratis pakai KTP ini sangat dinantikan warga Tabagsel," ucap Muhammad Syarif Lubis, tokoh pemuda Muhammadiyah Sumut, di Medan, Kamis (10/10).
 
Menurutnya, adanya program berobat hanya dengan memakai KTP sangat membantu masyarakat yang ada di Sumatera Utara. 
 
"Pasti sangat membantu program ini, karena untuk mengurus BPJS banyak dokumen-dokumen yang harus disiapkan," jelasnya.
 
"Apalagi masuk ke pelosok-pelosok daerah, tentu sangat sulit untuk menjangkau rumah sakit," sebut Syarif.
 
Untuk mengurus BPJS tidak segampang yang diperkirakan. "Bukan mudah mengurus BPJS, ini hanya dengan menunjukkan KTP bisa langsung berobat," bebernya.
 
Dengan begitu, program berobat gratis pakai KTP sangat dinantikan masyarakat Tabagsel. "Warga di sana mendoakan Bobby menjadi Gubernur Sumut agar bisa berobat gratis hanya menggunakan KTP," tutur Syarif Lubis.
 
Ketua Ampi Sumut David Luther Lubis mengatakan, visi misi Bobby Nasution berobat gratis hanya menggunakan KTP sudah sangat dinanti-nantikan masyarakat Sumatera Utara.
 
Menurutnya, adanya program berobat gratis dengan KTP akan sangat membantu masyarakat. "Kesehatan itu, sangat penting. Makanya sangat membantu," ungkapnya.
 
Seperti diketahui, lanjut dia, untuk proses berobat masyarakat harus rela antre, dan bahkan harus membeli meterai terlebih dahulu untuk proses administrasinya. 
 
"Karena proses admisitrasi tidak gampang di rumah sakit. Kadang masyarakat sering kecewa, sudah sakit disuruh antre beli meterai. Sakit kan tidak bisa ditunda. Ini semua sudah terakses dengan KTP, dan sangat-sangat bagus," bebernya.
 
Dikatakannya, untuk daerah-daerah terpencil yang ada di Sumatera Utara puskesmas dan klinik-klinik harus segara dimanfaatkan. 
 
"Kalau bisa lebih cepat terealisasi agar secepatnya dirasakan masyarakat, karena ini adalah gagasan Bobby Nasution yang sangat membantu masyarakat," papar David.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024