Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) nomor urut 1, Harun Musthafa Nasution – Muhammad Ichwan Husein Nasution (Harun-Ichwan) akan mendorong kemandirian desa jika pasangan ini nantinya diberikan kepercayaan oleh masyarakat memimpin Madina lima tahun kedepan.

Menurut dia, dengan adanya dana desa saat ini menjadi alasan Harun untuk menjadikan desa-desa tersebut menjadi desa mandiri. Terlebih, program desa mandiri ini juga sebagai target besar pemerintahan Prabowo kedepan sesuai dengan visi misi beliau saat mencalonkan diri menjadi Presiden.

“Tujuan dana desa itu kan jelas untuk meningkatkan kesejahteraan sosial, pelayanan masyarakat, pendapatan desa dan mendukung pembangunan infrastruktur desa. Jadi desa mandiri itu harus memang diciptakan dengan dorongan pemerintah daerah serta pembinaan yang berkesinambungan," ujar Harun, Selasa (8/10).

Untuk mewujudkan itu kata Harun, proses tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban APBD dan APBDes harus tepat waktu, sesuai dengan ketentuan dan jadwal yang diatur perundang undangan. 

"Jika terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Madina, Harun-Ichwan akan mendorong pemerintahan desa untuk melakukan kegiatan yang bersifat pemberdayaan perekonomian masyarakat melalui Bumdes," ujarnya.

Kemudian jelas dia, pihaknya juga nantinya akan memastikan otonomi daerah berjalan sesuai dengan sistem pemerintah desa dan melakukan review terhadap RKPDes dan RKPD pada proses perencanaan tanpa adanya intimidasi ataupun tekanan.

"Pengelolaan mutlak dilakukan oleh desa. Untuk mendukung SDM pemerintahan desa kedepan kita akan menyelesaikan pembangunan jaringan informatika dan jaringan Siskeudes," ungkapnya.

Dengan semakin banyaknya jumlah desa mandiri itu, dia berharap jumlah anggaran dana desa yang di gelontorkan oleh pemerintah pusat ke Madina nantinya akan semakin bertambah banyak dari sebelumnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024