Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara M Armand Effendy Pohan menyebutkan kontingen Sumut yang akan mengikuti ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XXVII Solo menargetkan 35 medali emas.

Menurutnya, target tersebut lebih tinggi dari raihan Peparnas sebelumnya yang hanya meraih 27 medali emas.

"Kita menargetkan 35 medali emas, ini meningkat dari yang sebelumnya di mana kita meraih 27 medali emas," ujar Armand Effendy, di Solo, Kamis.

Armand Effendy menjelaskan kontingen Sumut akan mengikuti 14 cabang olahraga dengan memboyong 99 atlet dan 35 pelatih di ajang olahraga nasional tersebut.

"Sumut memberangkatkan 164 orang yang terdiri dari 99 atlet, 34 pelatih dan 30 ofisial dan 1 ketua kontingen yang mengikuti 14 cabang olahraga," kata dia.

Dia berharap dengan persiapan dan kerja kerja selama ini yang dilakukan, anak anak Sumatera Utara dapat memberikan penampilan maksimal sehingga meraih target tersebut.



Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni meminta kontingen daerahnya finis tiga besar dalam ajang yang digelar pada 6-13 Oktober 2024 tersebut.

"Di Peparnas Papua kita posisi empat, kita PON dari posisi 13 naik ke posisi empat. Jadi, saya harap kita bisa naik ke posisi 3 Peparnas Solo, ini target yang realistis," ujar Agus Fatoni.

Dia berharap kontingen Sumatera Utara tampil maksimal sehingga masuk peringkat tiga besar.

"Saya meminta semua atlet bisa menjadi pelaku sejarah dan bisa memberikan prestasi terbaik di Peparnas ini. Sekaligus menjadi kebanggaan bagi keluarga, Provinsi Sumut, bahkan Indonesia," kata Agus.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara Alan Sastra Ginting mengatakan ke-99 atlet itu merupakan yang terbaik dari hasil latihan selama di daerah.

Apalagi, setelah Sumatera Utara batal menjadi tuan rumah Peparnas 2024 mengharuskan NPC memberangkatkan atlet yang diandalkan merebut medali.

"Kami optimistis atlet yang kita bawa ini adalah yang terbaik dari yang terbaik. Kita tidak ingin menjadi pelengkap di Peparnas tahun ini," kata Alan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Plt Kadispora: Sumut targetkan 35 medali emas di Peparnas 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024