PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara (Sumut) memberikan sambungan listrik gratis kepada 562 rumah warga tidak mampu di Kabupaten Deli Serdang selama September 2024.

"Bantuan sambung listrik secara gratis ini merupakan program bantuan pasang baru listrik (BPBL) yang bertujuan menerangi rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial," ujar General Manager PLN UID Sumut Saleh Siswanto, di Medan, Selasa.

Saleh mengatakan bantuan tersebut didominasi di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan atau memenuhi kriteria sebagai penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada daerah, lurah atau pejabat yang setara di wilayah tersebut.

Lebih lanjut, PLN berkomitmen penuh dalam pemerataan akses dan percepatan penyediaan tenaga listrik bagi seluruh lapisan masyarakat.

Melalui Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang mana mandat dari inpres tersebut adalah menyiapkan ketersediaan dan berkecukupan energi dan elektrifikasi bagi keluarga miskin ekstrem.

Saleh mengatakan dengan penyalaan listrik ini, merupakan wujud kepedulian PLN kepada masyarakat yang kurang mampu di Deli Serdang ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup.

Program BPBL ini menjadi bukti komitmen PLN untuk memberikan kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat tidak mampu dan listrik untuk kehidupan yang lebih baik.

Program bantuan ini juga dilakukan dengan memberikan seperti pemasangan instalasi listrik rumah sebanyak tiga titik lampu dan satu setop kontak, pemeriksaan dan pengujian instalasi sertifikat laik operasi (SLO) serta pengisian token listrik perdana secara gratis di rumah warga tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada stakeholder yang mendukung dan menyukseskan program BPBL, sehingga dapat berjalan dengan baik," kata Saleh.

Selain itu, PLN mengajak masyarakat untuk menggunakan listrik secara bijak dan legal untuk menghindari kejadian kebakaran akibat penggunaan listrik secara ilegal.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PLN Sumut sambungkan listrik gratis 562 rumah di Deli Serdang

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024