Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Padang Lawas  (Bawaslu Palas) Alex Sabar Nasution, mengajak seluruh elemen masyarakat dan mahasiswa untuk mengawasi pelaksanan  pemilihan calon gubernur dan wakil gubernur Sumut, serta calon bupati dan wakil bupati Padang Lawas pada Pilkada serentak 2024.

"Pengawasan masyarakat dan mahasiswa itu penting untuk menciptakan pelaksanaan pesta demokrasi yang berintegritas, " katanya di Palas, Ahad.

Hal itu disampaikan saat pembukaan soalisasi pengawasan partisipatif pencegahan pelanggaran dan pengawasan konten internet ( Siber) pada pemilihan kepala daerah serentak 2024, di Subuhuan Barumun.

Adupun bentuk partisipasi pengawasan pemilu itu,  anggota Bawaslu Palas Hj Ningtiasih disaat yang sama, seperti pengawasan penyebaran informasi hoax, ujaran kebencian dan informasi lainnya melalui media sosial yang dapat merugikan salah satu paslon Pilkada serentak  ini. 

Ia juga menekankan untuk menghindari  informasi yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban di tengah - tengah masyarakat. Serta pengawasan setiap pelaksanaan proses tahapan pilkada serentak yang dilaksanakan oleh KPU.

"Bawaslu tidak tebang pilih, apabila ada dugaan pelangaran pemilu sampaikan kepada kami  agar ditindak lanjuti bersama," tegas Hj Ningtiasih.

Kegiatan sosialisasi pengawasan pelanggaran pemilu Pilkada serentak 2024 ini, dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai organisasi, beserta sejumlah elemen masyarakat, termasuk Batari Siregar mewakili Dinas Kominfo Palas. 

Pewarta: Mhd. Ashari Hasibuan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024