KPU Kota Pematang Siantar menggelar deklarasi pilkada bersih dan damai, Selasa (24/9), di parkiran pariwisata Tugu Becak bersebelahan dengan Lapangan Merdeka. 
 
Deklarasi pilkada bersih dan damai ditandai dengan penandatanganan oleh empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode 2024-2029.
 
Pasangan calon ini, Wesly Silalahi - Herlina nomor urut 1, Mangatas Marulitua Silalahi - Ade Sandrawati Purba (2), Susanti Dewayani - Ronald Darwin Tampubolon (3) dan Yan Santoso Purba - Irwan (4). 
 
Berbeda dengan kelaziman pada pemilu-pemilu sebelumnya, Pilkada Kota Pematang Siantar kali ini tanpa ada arak-arakan paslon dan tim pengusung. 
 
"Kota Pematang Siantar dalam suasana duka, kita empati dengan kondisi ini," ujar Ketua KPU Kota Pematang Siantar Muhammad Isman Hutabarat. 
 
Suasana duka itu peristiwa kebakaran besar yang terjadi di dua tempat, yakni Pasar Horas dan pemukiman padat penduduk di kompleks Bangsal, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Utara. 
 
Sementara, gelaran deklarasi pilkada bersih dan damai ini menandai dimulainya masa kampanye 25 September - 23 November 2024.
 
Masyarakat umum juga dipersilakan mengkampanyekan ke empat pasangan calon secara bijak dan tidak memprovokasi, supaya suasana tetap damai. 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024