Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Tanjung Jimri Nababan melakukan kontrol tanaman hidroponik warga binaan dalam program kemandirian. 

Jimri meninjau berbagai aspek dari kegiatan hidroponik ini, mulai dari fasilitas, metode penanaman, hingga hasil yang telah dicapai oleh para warga binaan.

"Program hidroponik di Rutan Tanjung Pura merupakan bagian dari upaya pembinaan kemandirian yang bertujuan untuk memberikan keterampilan praktis kepada para warga binaan," ujar dia dalam keterangan diterima di Medan, Selasa.

Metode bertani tanpa tanah ini dipilih karena selain ramah lingkungan, juga memerlukan ruang yang lebih kecil sehingga cocok untuk diterapkan di lingkungan rutan.

Jimri sangat terkesan dengan pertumbuhan tanaman yang di tanam melalui hidroponik ini. Dia mengatakan komitmen Rutan Tanjung Pura dalam mengimplementasikan program pembinaan yang inovatif dan berkelanjutan, demi menciptakan perubahan positif bagi para warga binaan dan memberikan kontribusi nyata dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Dia juga memberikan arahan kepada Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Ka.KPR agar program ini terus dikembangkan dan dievaluasi secara berkala untuk memastikan keberlanjutan.

Menurutnya, program hidroponik ini tidak hanya memberikan keterampilan baru, tetapi juga memberikan harapan dan bekal bagi para warga binaan untuk bisa mandiri setelah bebas nanti.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024