Acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang dikemas  lebih inovatif dan kreatif sesuai zaman dan adaptif dengan teknologi berlangsung meriah dan menghibur. 

Acara yang berlangsung di halaman kampus Jala Kapten Mukhtar Basri Medan, Senin (23/9)diikuti 5.023 mahasiswa baru. Acara  dimeriahkan dengan aneka pertunjukan mahasiswa di panggung megah dengan layar LED berukuran 3 x 15 M. 

Acara menampilkan pertunjukkan langsung dan tayangan film berhasil memukau para tamu dan mahasiswa baru yang hadir. Menariknya, banyak di antara mahasiswa baru UMSU tahun ini  memiliki catatan prestasi ditingkat nasional, baik di bidang akademik maupun non-akademik. 

Para mahasiswa baru yang memiliki bakat seni dan prestasi diajang perlombaan  diberi kesempatan untuk menampilkan kebolehan di panggung megah yang disediakan. 

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP dalam sambutannya menyampaikan UMSU selalu terbuka bagi mahasiswa berprestasi dan  siap memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara.

 "Selamat datang kepada para mahasiswa baru. Kami bangga karena adik-adik mahasiswa tidak hanya unggul dalam akademik, tapi juga telah aktif di berbagai kegiatan," ujar rektor dan disambut riuh tepuk mahasiswa.

Selain pengenalan kehidupan kampus, acara ini juga menampilkan beberapa alumni dan  mahasiswa yang telah meraih berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional memenangkan kompetisi kuliah di luar negeri hingga meraih juara dan medali emas di kejuaraan dunia.

Selama kegiatan PKKMB, mahasiswa baru diberikan pengenalan tentang lingkungan kampus, fasilitas yang disediakan UMSU, serta berbagai organisasi dan kegiatan mahasiswa yang dapat diikuti. 

Acara ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar lebih cepat beradaptasi dengan kehidupan kampus dan mampu mengembangkan potensi mereka di berbagai bidang.

Dengan kehadiran mahasiswa berprestasi dan tagline PKKMB 2024: "Langkah Awal Menuju Aksimu",  UMSU berharap dapat terus meningkatkan kualitas akademik dan menorehkan lebih banyak pencapaian di kancah nasional maupun internasional. 

"Prestasi mahasiswa adalah cerminan kualitas pendidikan di UMSU, dan kami akan terus mendukung pengembangan bakat serta potensi setiap mahasiswa," tambah Rektor. 

Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Irwan Akib, MPd yang turut hadir memberikan motivasi pada mahasiswa baru dan mendorong UMSU terus mencetak lulusan penuh prestasi. Dia berharap tahun 2027 mahasiswa UMSU bisa diwisuda di auditorium megah kampus terpadu. 

PKKMB dikemas dengan memperkenalkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan dialog interaktif antara mahasiswa berprestasi dengan para mahasiswa baru. 

Tujuannya adalah memberikan wawasan langsung kepada mahasiswa baru tentang peluang dan tantangan yang akan mereka hadapi di dunia akademik dan non-akademik.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024