Petinju Sarohatua Lumban Tobing menyumbang medali emas untuk Sumatera Utara di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2024 Aceh-Sumut setelah menumbangkan Very Charles E Sagala  di kelas 67-71 kilogram (kg) yang diselenggarakan di Auditorium Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar.

Sarohatua Lumban Tobing memastikan medali emas tersebut setelah  Very Charles E Sagala Petinju asal Provinsi Riau itu tidak dapat melanjutkan pertandingan atau technical knock out (TKO) di ronde pertama.

Sarohatua di babak pertama langsung tampil agresif. Serangan demi serangan terus dilancarkan Pertinju asal Sumut itu. Pukulan yang dilancarkan Sarohatua tidak dapat dihindarkan Very Charles E Sagala.

Very Charles E Sagala yang terus diserang bertubi-tubi oleh Sarohatua mencoba bangkit. Dirinya mencoba mendominasi permainan, tetapi Sarohatua cukup tangguh sehingga Very menyerah di ronde pertama pertandingan.

Sementara Petinju Sumut lainnya Zalza Nabila Amoragam Kelas 48-50 Kg putri, Novizar Maulina Kelas 63-66 Kg putri dan Duta Fadillah Simatupang Kelas 48-51 Kg putra harus puas meraijvperak perak di babak final tersebur.

Pada babak final tinju yang mempertandingkan 20 laga kategori putra dan putri. Jawa Barat berhasil tampil maksimal dengan meraih empat emas, tiga perak dan tiha perunggu.

Sedangkan. DKI Jakarta meraih empat medali emas dan dua perak dan disusul Sulawesi Utara yang mengumpulkan tiga emas dan dua perak.

Sementara tuan rumah Sumatera Utara meraih satu emas, empat perak dan lima perunggu.

Berikut hasil peroleh medali tinju dari seluruh provinsi:

Jawa Barat 4 emas, 3 perak, 3 perunggu
DKI Jakarta 4 emas, 2 perak 
Sulawesi Utara 3 emas, 2 perak
Papua Barat 2 emas, 1 perak, 4 perunggu
Sumut 1 emas, 4 perak, 5 perunggu
NTT 1 emas, 4 perak, 4 perunggu
NTB 1 emas, 1 perak, 1 perunggu
Sulsel 1 emas, 4 perunggu
Riau 1 emas, 1 perak, 2 perunggu
Maluku 1 emas, 1 perunggu
Kalsel 1 emas
Bali 1 perak, 4 perunggu 
Jawa Tengah 1 perak
Aceh 4 perunggu
Kaltim 3 perunggu
Jatim 1 perunggu
Lampung 1 perunggu
Papua Selatan 1 perunggu
Sulawesi Tenggara 1 perunggu
Kalbar 1 perunggu. 

Pewarta: Waristo

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024