Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mengatakan terjadi peningkatan volume kendaraan menuju kawasan Parapat Danau Toba dan Kota Berastagi di Kabupaten Karo pada periode libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Volume kendaraan meningkat sejak hari Jumat malam hingga Minggu, menuju wisata Berastagi dan Parapat Danau Toba," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol. Hadi Wahyudi di Medan, Senin.

Hadi mengatakan begitu juga penyeberangan pada kapal ferry dari Parapat menuju Samosir pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut.

Oleh karena itu, menurutnya, Polda Sumut dan jajaran telah mengantisipasi kendaraan baik yang keluar maupun masuk ke jalur wisata tersebut dalam libur panjang ini.

"Personel yang ditempatkan untuk mengantisipasi kemacetan maupun pengamanan di wilayah objek pariwisata yakni dari satuan lalu lintas, sabhara dan pariwisata," tutur Hadi.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang berwisata di libur panjang ini, agar berhati-hati dan terus menjaga kondisi fisik tubuh maupun kendaraan tetap prima, untuk keselamatan sampai ke tujuan.

Di sisi lain, Hadi mengatakan, petugas juga mengamankan kontingen PON yang ingin berkunjung ke objek-objek pariwisata di Sumut juga dikawal dengan maksimal untuk keamanan dan kelancaran.

Secara terpisah, Kepala Unit Lantas Polsek Pancur Batu Iptu Rizal mengatakan arus kendaraan dari arah Kota Medan ke Berastagi sudah kembali normal.

Menurutnya, tingkat kepadatan kendaraan yang melintas pada Sabtu dan Minggu. Saat ini, pihaknya masih melakukan pengaturan lalu lintas dari Berastagi menuju ke Medan tersebut.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024