Sebanyak 148 atlet cabor Sambo dari 20 Pengurus Provinsi (Pengprov) Sambo se-Indonesia bakal bertarung pada Pekan Olahraga Nasional (PON XXI aceh-Sumut) itu di Gedung Serba Guna/GOR Langkat, 16-19 September 2024.

Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri (GOR Stabat Kabupaten Langkat di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) segera digunakan venue cabang olahraga Sambo (Samozashchita Bez Oruzhia) mulai 16- 19 September 2024.

Dan  kondisi terkini GOR tersebut telah siap, dan aman untuk digunakan di perhelatan nasional empat tahunan itu.

Saat dilihat dilapangan sarana apapun di perhelatan venue Sambo 16 September mendatang, diluar Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri tampak lokasi parkir kendaraan peserta maupun pengunjung yang sudah disemen dan  rampung serta  bebas becek.

Kepala Dinas PUPR Langkat Khairul Azmi mengatakan Gedung Serba Guna Manunggal Langkat Berseri untuk venue cabor Sambo sudah selesai direnovasi dan siap digunakan.

"Kita bekerja keras menyelesaikan semua target pekerjaan, GOR sudah aman, kita kontrol terus hingga hari ini. Tentang becek itu, halaman yang diluar sarana dan prasarana pertandingan cabor sambo. 

Sementara itu Arnold Silalahi selaku Technical Delegate (TD) cabor Sambo PON XXI 2024, di Stabat, Minggu, dimana cabor sambo di PON tahun ini dikemas secara profesional dan proporsional.

“Wasit International Technical Oficial (ITO) kami datangkan dari Uzbekistan dan dari Federasi Sambo Asia juga hadir,” kata Arnold.

Arnold menyebut, untuk wasit dan juri lainnya sudah mengantongi lisensi nasional A, untuk Dewan Hakimnya juga dari Internasional.

Disebutkan Arnold, untuk wasit dari Indonesia ada 20 orang ditambah dari ITO dua orang, dan 10 wasit lokal yang berlisensi C dan B, faktor netralitas dan keamanan harus benar-benar diperhatikan serta menjadi prioritas utama.

Ada dua kategori yaitu sport dan combat. Di sport ada bantingan, bertahan dan kuncian. Sementara di combat ada pukulan dan tendangan, sehingga sambo dikategorikan olahraga keras.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024