Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajati Sumut) Idianto, SH, MH memimpin acara pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) dan empat Kepala Kejaksaan Negeri serta Koordinator. 

Acara pelantikan, pengambilan sumpah dan serah terima jabatan (Sertijab) itu digelar di Aula Sasana Cipta Kerta Lantai III, Kantor Kejati Sumut, Jalan A.H. Nasution, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Senin (9/9).

Adapun yang dilantik Kajati Sumut Idianto, yakni Muttaqin Harahap, SH, MH, sebagai Aspidsus menggantikan pejabat lama Dr Iwan Ginting, SH, MH.

Iwan Ginting dipromosikan sebagai Kasubdit Pengamanan Pembangunan Infrastruktur Kawasan dan Sektor Strategis Lainnya pada Direktorat Pengamanan Pembangunan Strategis Jamintel Kejagung, di Jakarta.

Sedangkan pengganti Muttaqin sebagai Kepala Kejari Medan diisi oleh Fajar Syah Putra, SH, MH, yang sebelumnya menjabat sebagai Aspidsus pada Kejati Banten, di Serang. 

Kemudian, Kepala Kejari Dairi dari Okto Rikardo yang mendapat promosi sebagai Asdatun Kejati Kalimantan Utara kepada Cahyadi Sabri, yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari Bulukumba.

Kajari Mandailing Natal dari Novan Hadian yang mendapat promosi jadi Aswas di Kejati Jambi kepada Muhammad Iqbal, yang sebelumnya menjabat Kajari Gorontalo.

Selanjutnya, Kajari Asahan dari Dedyng Wibianto Atabay, yang mendapat promosi jadi Aspidum Kejati Maluku Utara kepada Basril, yang  sebelumnya menjabat sebagai Kajari Aceh Besar.

Kajati Sumut Idianto juga melantik Koordinator Herlambang Saputro, yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi Tata Usaha Negara pada Asisten Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Riau di Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Idianto menyampaikan selamat kepada pejabat yang baru dilantik dan selamat bertugas ditempat tugas yang baru kepada pejabat sebelumnya.

Serah terima jabatan, lanjut dia, bukanlah hanya sebuah prosesi, tapi sebuah amanat untuk dijalankan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab sesuai dengan Tri Krama Adhyaksa. Dengan mengutamakan kejujuran, kesempurnaan dan bijaksana dalam menjalankan tugas.

“Kepada pejabat yang baru dilantik segera identifikasi, pelajari, kuasai dan selesaikan berbagai persoalan di tempat penugasan saudara yang baru. Pastikan situasi dan kondisi serta tahapan Pilkada 2024 di wilayah saudara berjalan lancar, jaga netralitas dan segera identifikasi jika ada masalah,” kata Idianto.

Dia menambahkan, wujudkan proses penegakan hukum yang berkeadilan, profesional, dan bermartabat yang dilaksanakan dengan senantiasa mengacu pada hati nurani. 

“Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan, curahkan kemampuan, jauhi penyimpangan dan perbuatan tercela,” ujar Idianto.

Pewarta: Aris Rinaldi Nasution

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024