Akhirnya terjawab sudah, Dolly Pasaribu - Parulian Nasution resmi menjadi bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati - Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) di Pilkada serentak 2024.

Parulian, mantan Sekda Tapsel maju mendampingi Dolly, yang melalui jalur perseorangan, menggantikan Buchori Siregar, karena tidak dapat mengikuti pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan.

Syarat pergantian Buchori dikuatkan berdasarkan surat KPU RI 1998/PL.02.2-SD/05/2024 tertanggal 8 September 2024 yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin.

Kemudian berkas administrasi bapaslon Dolly - Parulian untuk Pilkada 2024 pun juga sudah disampaikan dan diterima pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (8/9) malam.

Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar mengatakan, pihaknya sudah menerima bundelan berkas administrasi penggantian bapaslon Dolly - Parulian.

"Kita akan melakukan penelitian terhadap berkas administrasi penggantian bapaslon. Tentu, kita bekerja secara profesional dan sesuai dengan regulasi yang ada," katanya.

Sesuai jadwal tahapan pada 6 - 8 September 2024, KPU memberi waktu perbaikan dan penyerahan perbaikan persyaratan administrasi calon dan pengajuan calon pengganti baik oleh partai politik/gabungan partai politik pun calon perseorangan.

"Khusus tahapan penelitian perbaikan persyaratan administrasi calon dan penelitian dokumen syarat calon pengganti  6-14 September 2024," tambah Zulhajji.

Turut hadir seluruh Komisioner KPU Tapsel di antaranya Zulhajji Siregar (Ketua), dan anggota Efendi Rambe, Fany Daulad Siregar, Yassir Husein Pardede, dan Khoirun Sholih Harahap.

Hadir juga pihak Bawaslu Tapsel di antaranya Panataran Simanjuntak, Vernando Maruli Aruan, beserta staf Bawaslu Tapsrl.

Pasangan jalur independen Dolly - Parulian didukung 23.752 orang akan menghadapi pasangan Gus Irawan Pasaribu-Jafar Syahbuddin Ritonga  diusung oleh Golkar, Gerindra, PDIP, PAN, NasDem, PPP, Hanura, PKN, PKB, Demokrat, PKS, dan PSI.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024