Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balige dan Puskesmas Tanda Buhit melaksanakan skrining TBC dan HIV dalam mencegah penyakit menular.

"Program ini merupakan sebuah kewajiban dan bagian dari komitmen Rutan Balige yang selalu konsisten dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan para WBP," ujar Kepala Rutan Balige David Nicolas di Balige, Selasa. 

David melanjutkan kesehatan para warga binaan adalah prioritas kami. Dengan adanya skrining ini, kami dapat segara melakukan penanganan yang tepat sesegera mungkin guna mencegah penyebaran penyakit menular di tengah-tengah WBP.

Dalam kegiatan tersebut, para WBP baru menjalani serangkaian pemeriksaan medis yang meliputi tes darah, pemeriksaan fisik, dan wawancara medis guna mendeteksi secara dini jika ada WBP yang terinfeksi TBC atau HIV, sehingga penanganan yang tepat bisa segera dilakukan.

Selain skrining, para WBP juga diberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan pencegahan penularan penyakit menular. Kegiatan ini merupakan komitmen nyata Rutan Balige dalam menjaga kesehatan WBP dan menciptakan lingkungan yang bebas dari penyakit menular



















 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024