Sebanyak 22 peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan III Tahun 2024 grup B mengadakan studi lapangan (stula) ke Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Banten, yang diselenggarakan oleh Puslatbang KHAN LAN.

Demikian Muhammad Yusuf selaku ketua PKA Angkatan III Tahun 2024 group B dalam keterangan yang diterima di Sipirok, Kamis (29/8). Ia menyatakan kehadiran rombongannya disambut Sekretaris DPMPTSP, Banten, Ir. Tyas Utami, MM, Rabu (28/8).

Menurut Yusuf,  juga Kabag Protokol, dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Pemkab Tapanuli Selatan, kehadiran rombongannya disambut baik pihak DPMPTSP Banten.

"Di situ, Pak Tyas memaparkan pentingnya manajemen pelayanan publik yang merupakan elemen sangat penting bagi ASN agar menjadi pegawai yang berintegritas dalam memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, tambahnya, terkait sarana prasarana yang ada Kantor DPMPTSP dalam menunjang kinerja pegawai untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Seperti mempunyai ruang untuk pelayanan disabilitas, dan ruang bermain anak.

"Dari hasil pelatihan, kita seluruh peserta diminta dapat mengaplikasikan pengalaman pelatihan dalam rangka pelayanan publik yang baik bagi daerahnya masing-masing," ujar Yusuf.

Selain memberikan pemahaman mengenai pelayanan publik, peserta juga dijelaskan apa itu tugas Dinas PMPTSP dan bagaimana mereka melakukan koordinasi serta bimtek agar meningkatkan kinerja pegawai.

"Terakhir Tyas menyampaikan, semoga orientasi lapangan yang dilakukan ini dapat menjadi bekal untuk peserta diklat ke depan dan ia berpesan agar terus belajar dan mengembangkan kompetensi diri," tutup Yusuf.

Sebelumnya Pembimbing PKA Angkatan III Tahun 2024 Waldi Ishaq menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan peserta mengenai keunggulan dan inovasi dalam pelayanan publik.

Studi lapangan yang diadakan di Aula Kantor DPMPTSP dan BAPPEDA, Banten ini dibuka oleh Kepala Bagian Umum Puslatbang KHAN LAN Edy Saputra. 

 

Kegiatan ini, diharapkan akan memberikan manfaat nyata bagi peserta dalam memahami dan mengadopsi praktik terbaik yang diterapkan oleh kedua instansi.

Adapun peserta PKA angkatan III tahun 2024 yang mengikuti studi lapangan (stula) sebanyak 45 orang dan dibagi 2 group. 

"Untuk group A sebanyak 23 orang yang akan melakukan stula di Kantor Bappeda Provinsi Banten sedangkan untuk group B sebanyak 22 orang (7 orang di antaranya dari Tapsel) yang akan melakukan stula di Kantor DPMPTSP Provinsi Banten," terang Waldi.

Sementara pelaksanaan studi lapangan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai tanggal 27 sampai 30 Agustus 2024. Adapun peserta PKA Angkatan III Tahun 2024 yang masuk pada group B yakni :

1. Mhd. Yusuf, S.Sos., MM (Ketua)
2. Bujang Sahputra, S.Kom (Sekretaris)
3. Eliyana Syahpitri, S.Sos (Bendahara)
4. Iwan Hidayat Siregar, S.AP
5. Ramnah Sinaga, S.Pd.SD., MPD
6. Indra Martua Nasution, SH
7. Risda Zuraida, SE
8. Yusnidar, S.Si
9. Hombang M Tampubolon, S.STP., M.SP
10. Arwan Siregar, S.Sos
11. Puan Meirina Matondang, SS., M.Si
12. Skar Fharaby, ST., MT
13. Das Tanta Tarigan, S.Sos
14. dr. Nuraihan., MKM
15. Ali Nurakhmad Siregar, ST., M.Sc
16. Puput Mashuri, S.Sos
17. T. Musrizal, SE
18. Mulyadi, SH., MH
19. Arie Ferdian Lubis, S.Si 
20. Mairiza, S.STO., M.Si
21. Rima Eved Handedy, ST., M.SP
22. Mery Sutrisna, S.STP., M.Si

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024