Kepolisian Sektor (Polsek) Firdaus, bersama Dinas Sosial, dan Koramil-12/SR Sei Rampah menindaklanjuti maraknya kehadiran orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Kepala Polsek Firdaus AKP Andi Sujendral melalui Kanit Intel Ipda Sahban Hadibuan dalam keterangan diterima di Medan, Minggu mengatakan kehadiran Polri, TNI dan Dinsos Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai bersinergi meninjau langsung keberadaan ODGJ agar mendapatkan penanganan optimal.

"Implementasi kepedulian kita perlu adanya kesadaran bersama antarlembaga lintas sektoral serta masyarakat guna kepedulian penanganan yang optimal bagi pasien ODGJ," ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Sergai Arianto menyatakan kegiatan ini dalam rangka menindaklanjuti laporan maraknya kehadiran ODGJ di Serdang Bedagai.

menurutnya, kegiatan ini perlu menjadi kesadaran bersama melalui peran dari seluruh lapisan elemen, baik pemerintah, masyarakat, hingga pihak swasta dalam membantu rehabilitasi atau proses penyembuhan.

"Kami segera turun ke lokasi bersama lpda Brimen, Danramil, Polsek Firdaus dan Satuan Pol PP membawa seorang pria dewasa ODGJ. Kami temukan di Jalintas Sumatera, kemudian kami bersihkan tubuhnya dipakai pakaian yang layak dan kita bawa ke Rumah Sakit Sultan Sulaiman untuk penanganan medis," kata dia.

Direktur Rumah Sakit Sultan Sulaiman dr Aldi Saragih melalui dr Lidya Vera membenarkan telah menerima seorang pasien ODGJ dan telah dilakukan pelayanan medis.

"Pasien ODGJ telah mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan dari dokter kita,"ujarnya.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024