Penjabat Bupati Tapanuli Utara Dimposma Sihombing secara resmi membuka Tapanuli Utara Science Olimpiade tingkat guru, SD, SMP, dan SMA/SMK tahun 2024 sebagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah itu.

"Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara senantiasa melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan, diantaranya melalui pelaksanaan olimpiade saat ini yang bekerjasama dengan Pusat Olimpiade Sains Indonesia," ujar Pj Bupati Dimposma Sihombing yang didampingi Kadis Pendidikan Tapanuli Utara Bontor Hutasoit di kompleks pendidikan Santa Maria Tarutung,  Sabtu (24/8).

Dimposma mengatakan, sektor pendidikan merupakan kunci utama dalam memajukan daerah, dan melalui kegiatan olimpiade sains tersebut, pemerintah daerah ingin mendorong anak didik untuk terus mengasah kemampuan dan meraih prestasi terbaik.

"Para siswa adalah aset berharga. Sumbangsih yang terbaik dan lebih mulia yang dapat kita berikan kepada bangsa dan negara ini adalah generasi yang siap memajukan, mengembangkan dan membangun bangsa dan negara, dan itu ada dalam diri anak-anak didik kami saat ini," sebutnya.

Harapnya, olimpiade sains POSI tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi wadah untuk berbagi ilmu dan pengalaman. 

"Saling belajarlah satu sama lain, karena persaingan yang sehat akan melahirkan prestasi yang gemilang," imbuhnya.

Pj Bupati Taput juga berharap agar generasi muda lebih cerdas, kreatif dan inovatif, berkarya dan berprestasi untuk mengharumkan nama Tapanuli Utara.

"Selamat bertanding, semoga olimpiade sains POSI ini dapat menginspirasi kita semua untuk terus berjuang mewujudkan daerah kita untuk lebih maju dan sejahtera," tukasnya.

Kegiatan olimpiade sains POSI turut dihadiri Kepala Sekolah SD/SMP/SMA swasta St Maria Tarutung, Kepala Sekolah pemdamping siswa dan siswi dari Kabupaten Toba, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, dan Kabupaten Tapanuli Utara, dan  Pelaksana Kegiatan dari Pusat Olimpiade Sains Indonesia, Fahruroji Panjaitan, selaku CEO POSI beserta seluruh tim.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024