Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni menyampaikan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo bahwa persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di wilayahnya telah mencapai 92 persen.

“Sampai saat ini 92 persen. Kita ingin ada batas waktu untuk pengujian agar semuanya berjalan tanpa kendala saat hari H," ujar Agus Fatoni usai rapat bersama dengan Menpora di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan progres 92 persen tersebut meliputi persiapan arena dan administrasi maupun pendukung lainnya yang menunjang kelancaran ajang olahraga nasional tersebut.

Dengan capaian tersebut, dia optimistis seluruh persiapan PON 2024 di Sumatera Utara akan selesai pada waktu yang telah ditentukan bahkan akan diupayakan lebih cepat.

"Bahkan PB PON wilayah Sumut juga berkomitmen akan mempercepat segala persiapan yang dibutuhkan dalam ajang tersebut," kata dia.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan bahwa ada empat arena yang pengerjaannya telah memasuki tahapan akhir dan akan rampung pada waktu yang ditetapkan.

“Stadion utama sudah dipastikan siap untuk upacara penutupan dan saat ini sedang finishing, BMX dan gate ball juga begitu. Kita terus kebut, sedangkan motocross akan diuji coba, kemudian akan melakukan penyesuaian," kata dia.

Menpora RI Dito Ariotedjo berharap kepada kedua panitia penyelenggara PON 2024, termasuk Sumut untuk segera melaporkan segala kendala yang dihadapi.

Hal itu dilakukan, kata dia, untuk mengetahui seluruh persiapan sehingga permasalahannya cepat teratasi mengingat ajang olahraga nasional tersebut akan digelar dalam waktu sekitar satu bulan lagi berdasar jadwal yang telah ditetapkan yakni 8-20 September.

“Segera laporkan apa yang menjadi kendala, jangan karena kita anggap kecil dibiarkan begitu saja dan akhirnya menjadi besar saat ajang, dan juga laporkan sesering mungkin agar kita bisa selesaikan bersama-samai," ujar Dito Ariotedjo.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024