Pasangan Calon ( Paslon) Bupati dan wakil Bupati Mandailing Natal (Madina), Saipullah Nasution - Atika Azmi Utammi Nasution kembali mendapatkan dukungan partai untuk maju di pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Dukungan kali ini datang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Berkas dokumen rekomendasi B.1 - KWK atau persetujuan usungan dukungan partai politik kepada pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati diserahkan di Hotel Fairmont, Jakarta.

Dokumen rekomendasi itu, diserahkan langsung oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PKB Mandailing Natal, Khoiruddin Faslah Siregar yang dikonfirmasi ANTARA, Senin (19/8) membenarkan rekomendasi dukungan PKB tersebut kepada pasangan Saipullah Nasution - Atika Azmi Utammi Nasution.

"PKB mendukung pasangan Saipullah Nasution - Atika Azmi di Pilkada Madina 2024. Dengan adanya dukungan ini Insya Allah pasangan Saipullah - Atika siap berlayar di Pilkada Madina 2024," katanya.

Faslah menyebut, jika dalam waktu dekat ini para partai pengusung akan melakukan deklarasi pasangan calon.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan deklarasi untuk persiapan pendaftaran ke KPU. Rencana pendaftarannya kita jadwalkan tanggal 28 Agustus 2024," jelasnya.

Untuk diketahui, hingga saat pasangan Saipullah - Atika di Pilkada Madina 2024 sudah mendapatkan sembilan kursi di DPRD Madina dari dua partai yaitu PKB sebanyak lima kursi dan PKS empat kursi.

Berdasarkan peraturan KPU nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota menyebutkan, dalam hal partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik peserta pemilu dalam mengusulkan pasangan calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit dua puluh persen dari jumlah kursi DPRD.

Berdasarkan PKPU tersebut, pasangan Saipullah - Atika sudah bisa dipastikan berlayar di Pilkada Madina tahun 2024.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024