Atlet angkat berat Faebolo Dodo Gowasa bertekad membawa pulang medali emas untuk kontingen Sumatera Utara di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, sekaligus menebus kegagalannya meraih emas pada PON sebelumnya di Papua.

Ditemui di sela latihan di Gedung PABBSI Sumut, Rabu, pria 40 tahun ini mengaku persiapan sudah sangat maksimal dan angkatan yang dicapai sejauh ini juga dinilai sudah cukup menjadi modal untuk berlaga di PON.

Faebolo Dodo Gowasa sudah tiga kali ikut meramaikan PON membela Sumatera Utara yakni di PON Riau 2012 dengan raihan medali perunggu, PON Jabar 2016 meraih perak, dan PON Papua 2021 kembali mendapat medali perak.

"Jika Tuhan mengizinkan serta mengabulkan doa saya dan didukung masyarakat Sumut, mudah-mudahan medali terbaik di PON nanti bisa direbut. Itu memang sudah menjadi target saya usai tampil di PON Papua lalu," katanya.

Perlombaan untuk cabang olahraga angkat berat akan dilaksanakan di Provinsi Aceh. Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Sumatera Utara.

"Di mana pun saya bertanding, tetap ingin mempersembahkan yang terbaik. Tentunya, hal itu tak terlepas dari dukungan masyarakat Sumut dan keluarga saya. Saya siap untuk tampil maksimal, demi Sumatera Utara," katanya.

Saat disinggung mengenai usai yang sudah beranjak 40 tahun, Daud Gowasa yang telah memiliki tiga anak ini menuturkan, usia tak menjadi halangan baginya demi mengukir prestasi. Ia akan turun di kelas 66 kg.

"Walaupun lawan yang akan dihadapi nanti lebih muda, tak akan jadi halangan bagi saya. Itu juga akan jadi motivasi tersendiri bagi saya bagaimana bisa mengukir prestasi di usia seperti sekarang ini. Jika, masih memungkinkan saya juga siap akan tampil di PON 2028," katanya.

Tidak hanya tiga kali bertarung di PON dengan raihan perunggu dan perak, ia juga menorehkan prestasi di beberapa kejuaraan nasional maupun internasional.

Misalnya di Kejuaraan Asia di Bandung pada 2017, ia berhasil meraih medali emas dan di kejuaraan nasional di Lampung pada 2022, ia juga meraih medali emas.

"Doa dari keluarga dan masyarakat Sumatera Utara tentunya sangat saya harapkan agar di PON nanti saya bisa mempersembahkan medali emas," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024