Pengprov Persatuan Senam Indonesia (Persani) Sumatera Utara memasang target realistis di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut dengan hanya menargetkan satu emas dan satu perak.

"Kita tidak mau muluk-muluk soal pencapaian target pada PON 2024 nanti. Kita mematok target dengan penilaian yang sangat realistis, apa kemampuan kita dalam mencapai prestasi. Walaupun di cabor senam ada puluhan medali emas yang diperebutkan," kata Ketua Persani Sumut Dedi Dermawan Milaya di Medan, Minggu.

Untuk medali emas Persani Sumut berharap dapat diraih dari nomor ritmix putri dan medali perak di nomor aerobic beregu.

Ia menyebutkan pihaknya tidak mau mematok target tinggi dalam pencapaian target meraih medali emas di PON mendatang, mengingat senam masih didominasi atlet dari Pulau Jawa, ditambah lagi peralatan senam yang digunakan atlet selama ini masih peralatan yang masih jauh tertinggal dari daerah lain.

Walau dengan peralatan yang seadanya untuk berlatih, kata dia, tidak membuat atletnya menyerah begitu saja. Latihan dengan keras tetap dilakukan demi hasil maksimal nantinya di PON.

"Kami tetap optimistis bisa meraih medali emas dan perak. Saya bangga dengan atlet senam Sumut, walaupun berlatih dengan peralatan yang tak maksimal, mereka tetap semangat demi menorehkan prestasi di PON nanti," katanya.

Lebih lanjut Dedi menuturkan, saat ini atlet senam Sumut sangat mengharapkan peralatan latihan dan tanding yang memadai. Namun, untuk saat ini peralatan latihan dan tanding, yang telah diajukan oleh Persani Sumut beberapa bulan lalu, hingga saat ini tak kunjung datang

"Memang, kalau peralatan yang diharapkan itu tiba-tiba saja ada, bukan jaminan bagi atlet untuk memperoleh banyak medali emas. Namun, setidaknya adik-adik pesenam kita telah merasakan perbedaan peralatan lama dengan yang baru. Bahkan yang terpenting, jiwa patriot pada seluruh atlet senam PON Sumut sudah tertanam untuk mempersembahkan yang terbaik di PON nanti," ujarnya

Sementara itu, Kabid Binpres Persani Sumut, Syafrizal menambahkan, untuk saat ini atlet senam PON Sumut menjalani latihan intensif dan terjadwal di Gedung Senam Jepta Hutabarat, dengan menggunakan peralatan yang seadanya.

"Seperti apa yang disampaikan Ketua Persani Sumut, walaupun menjalani latihan dengan peralatan seadanya, dan sedang menunggu bantuan peralatan baru, atlet kita telah siap untuk tampil maksimal, dengan mempersembahkan prestasi terbaik di PON nanti," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024