PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) kembali meraih 31 penghargaan Environmental and Social Innovation Award (ENSIA) 2024, setelah sebelumnya di 2022 menyabet penghargaan yang sama.

Penghargaan berkat komitmen dalam menjaga lingkungan dan program pemberdayaan masyarakat oleh empat anak perusahaan ANJ, yaitu PT Sahabat Mewah dan Makmur  (SMM), PT Kayung Agro Lestari (KAL), PT Austindo Nusantara Jaya Agri (ANJA), dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Siais (ANJAS).

Burhanuddin, Head of Environmental, Health & Safety, ANJ dalam keterangan resminya yang diterima, Rabu, mengatakan 31 penghargaan itu diserahkan pada puncak acara ENSIA 2024 di Bali, Juli lalu.

"Penghargaan ini merupakan wujud nyata bahwa upaya kami dalam menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan telah mendapat pengakuan. Di samping menjadi motivasi kami untuk terus berkomitmen pada keberlanjutan dan tanggungjawab sosial," tegasnya.

Penerapan praktik bisnis yang dimaksud seperti pengurangan emisi karbon, pemanfaatan energi terbarukan, hingga program pelestarian lingkungan yang melibatkan masyarakat. Kami percaya bahwa pembangunan berkelanjutan harus mencapai keseimbangan antara kemakmuran, manusia dan lingkungan," ujar Burhanuddin.

ENSIA, jelas Burhanuddin, sebuah ajang penghargaan tahunan yang memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki inovasi signifikan dalam bidang lingkungan dan sosial, yang diselenggarakan oleh PT Sucofindo.

Penghargaan dibagi tiga kategori yakni Platinum, Gold and Silver dengan 7 topik penghargaan mencakup efisiensi energi, penurunan emisi, efisiensi air, pengurangan LB3, 3R limbah padat non B3, perlindungan kehati, inovasi sosial serta local hero inisiatif.

Di sebutkan ada beberapa kriteria utama menjadi penilaian pada ENSIA yang diikuti 756 paper untuk bisa mendapatkan penghargaan, di antaranya kebaruan dan keunikan program dampak program terhadap lingkungan, serta dampak program sosial masyarakat.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024