Atlet Muaythai Sumatera Utara mendapat modal berharga di Surabaya setelah tampil sebagai peringkat ketiga di Open Tournament Piala Walikota Surabaya yang digelar 9-11 Agustus 2024.

Sekretaris Umum Muaythai Indonesia Sumatera Utara Zulkifli Lubis di Medan, Selasa, mengatakan, pada kejuaraan itu, tim Sumut berhasil meraih 5 medali emas, 4 perak, dan 1 perunggu. Selain itu, dari kategori seni yang juga diselenggarakan sebagai ekshibisi, Sumut berhasil meraih dua medali emas.

Hasil tersebut menjadi modal berharga bagi muaythai Sumut menatap perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, mengingat kejuaraan juga diikuti atlet-atlet yang nantinya juga akan jadi lawan di PON seperti dari Papua Tengah, Kalimatan Tengah, NTT, NTB, Sulawesi Tengah dan Jawa Timur.

Zulkifli Lubis menyampaikan rasa syukur atas hasil positif yang mereka raih di kejuaraan tersebut dan memberikan apresiasi kepada KONI Sumatera Utara yang sudah memfasilitasi timnya untuk mengikuti kejuaraan tersebut dalam masa persiapan menghadapi PON 2024.

"Mudah-mudahan capaian di kejuaraan itu dapat menjadi penyemangat bagi atlet kita untuk menghadapi PON mendatang dan mampu memenuhi target medali emas," katanya.

Setelah mengikuti kejuaraan tersebut, Zulkifli mengatakan, bahwa saat ini pihaknya sedang fokus untuk melakukan recovery kepada para atletnya mengingat PON hanya tinggal menghitung hari.

"Saat ini anak-anak sedang kita lakukan pemulihan kembali. Kita juga melakukan latihan untuk menjaga berat badan, dan menjaga kelincahan. Tapi paling penting berat badan harus tetap kita jaga," ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengingatkan para atletnya agar menjaga kondisi masing-masing usai mengikuti kejuaraan tersebut. Sehingga persiapan timnya bisa berjalan lancar jelang pesta olahraga bergengsi empat tahunan tersebut.

"Semoga menjaga performa, kesehatan, stamina, dan kemampuan. Karena saat ini cuaca sedang tidak baik, kadang-kadang panas, kadang-kadang hujan. Jadi saya minta tetap menjaga kesehatan dan kekompakan menuju PON," tuturnya.

Disinggung terkait target medali di PON 2024, Zulkifli mengaku semakin optimis yang menurutnya, dengan hasil di kejuaraan nasional di Surabaya tersebut, peluang medali semakin terbuka lebar, mengingat mereka hanya mengirimkan 16 dari 28 atlet yang dipersiapkan menghadapi PON.

"Saya percaya dan optimistis dengan kemajuan yang dicapai atlet sejauh ini, target tiga emas dapat terwujud nanti di PON," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024