Penjabat Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengajak Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Sumut untuk terlibat aktif dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 khususnya di wilayah ini.

"Bagi kita, ini adalah kedua kalinya menjadi tuan rumah, setelah tahun 1953 dan tahun ini kita dipercaya kembali, ini kesempatan kita semua ikut menyukseskan-nya, Perwosi bisa menjadi volunteer, paling tidak jadi pendukung, kita tunjukkan Sumut mantap, harmoni keberagaman," ujar Agus Fatoni usai membuka Lomba Cipta Senam Kreasi Perwosi Sumut, di Medan, Senin.

Dia menambahkan sebagai tuan rumah pada ajang olahraga nasional tersebut merupakan momentum bagi pemerintah daerah untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Selain itu, kata dia, pelaksanaan PON 2024 itu juga dapat lebih memperkenalkan Sumatera Utara ke kancah nasional mengingat ajang olahraga multicabang itu dihadiri ribuan orang.

"Dengan adanya pelaksanaan PON akan berdampak bagi pelaku UMKM dan pelaku bisnis lainnya. Di antaranya naiknya pertumbuhan ekonomi masyarakat Sumut karena akan hadir tamu-tamu dari 38 provinsi se-Indonesia berjumlah lebih dari 15 ribu atlet, pelatih dan ofisial dan yang lainnya," kata dia.

Untuk dia, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan ini menyebut bahwa persiapan PON 2024 harus dimaksimalkan. Persiapan tersebut, lanjut dia, membutuhkan peran dari seluruh elemen masyarakat baik pemerintah maupun non pemerintah.

“Mereka akan belanja, menginap di hotel, menikmati kuliner dan menikmati destinasi wisata di Sumut. Jadi kita semua harus berkolaborasi untuk meraih kesuksesan dalam pelaksanaan dan sukses meraih prestasi," jelas dia.

Terkait pelaksanaan Lomba Cipta Senam Kreasi, Fatoni menyambut kegiatan ini sebagai wadah untuk terus berkreasi dan tetap menjaga kebugaran tubuh karena dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat.

“Kalau kita sehat pastinya, kita bisa berprestasi," ujar dia.

Ketua Perwosi Sumut Jamilah Azis mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia.

"Selain sebagai sarana kreativitas, dan sarana silaturahmi. Melalui lomba cipta senam kreasi juga kita harapkan terciptanya generasi sehat menuju generasi emas Indonesia tahun 2045," ujar Jamilah Azis.

Dia mengatakan kegiatan ini melombakan empat kategori Cipta Senam Kreasi yang terdiri aerobik, zumba, dangdut dan senam kolaborasi.

"Lomba aerobik ada 80 peserta, zumba dan dangdut 50 peserta dan untuk senam kolaborasi ada 50 group yang ikut.Kami berharap kegiatan seperti ini bisa terus didukung Pemprov Sumut, untuk lebih membangkitkan semangat olahraga di kalangan masyarakat," kata dia.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024