Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Pancasila untuk terlibat aktif dalam menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Tahun ini ada dua kegiatan yang perlu kita dukung dan sukseskan bersama-sama, pertama Sumut menjadi tuan rumah PON XXI dan Pilkada Bupati/Wali Kota dan Gubernur. Saya mengajak peran kader PP untuk bersama-sama menyukseskan kedua agenda besar," ujar Agus Fatoni usai menghadiri pelantikan Pengurus Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila (PP) Sumut periode 2024-2027, di Medan, Minggu.

Menurutnya, Pemuda Pancasila merupakan organisasi yang diperhitungkan di tingkat nasional maupun daerah, khususnya di Sumatera Utara. Keterlibatan kader pimpinan Japto Soerjosoemarno mampu menambah dukungan terhadap kesuksesan dua agenda nasional tersebut.

Dia menambahkan bahwa kader Pemuda Pancasila bisa terlibat langsung di PON 2024 dengan menjadi relawan yang disediakan panitia setempat.

Sementara untuk Pilkada 2024, organisasi yang diketuai Musa Rajekshah di Sumut ini bisa menggencarkan sosialisasi mulai tingkat kabupaten/kota hingga tingkat kelurahan atau desa.

"Kader PP bisa menjadi relawan PON, bisa ikut mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada, ajak keluarga, tetangga menggunakan hak pilih, ini kesempatan lima tahun sekali," kata dia.

Dalam kesempatan itu, mantan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) ini menyebut bahwa persiapan PON 2024 di Sumatera Utara sedang digalakkan.

Saat ini, lanjut dia, persiapan PON 2024 di Sumut untuk keseluruhan telah mencapai 85 persen. Sementara untuk persiapan khusus, yaitu pembangunan Stadion Utama Sumut mencapai 83 persen

Dia menjelaskan persiapan yang akan dikebut tersebut meliputi arena, akomodasi, transportasi, peralatan, dan seluruh bidang yang dibutuhkan pada ajang olahraga nasional tersebut.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayah itu mendoakan pelaksanaan ajang olahraga nasional tersebut berjalan lancar dan sukses.

"Saya berharap Pemuda Pancasila di bawah kepemimpinan Musa Rajekshah dapat bersinergi dalam program program pemerintah," ujar dia.

Musa Rajekshah mengatakan pelantikan ini merupakan momentum untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah, termasuk menyukseskan PON dan Pilkada 2024.

"Pelantikan ini bukan eforia kader dan pengurus, tapi lebih bisa dimanfaatkan masyarakat, kami menghadirkan UMKM, olahraga, seni dan kegiatan anak muda dengan tujuan agar masyarakat bisa berbaur dengan Pemuda Pancasila," ujar Ijeck, sapaan akrabnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024