Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman memaparkan strategi kepemimpinan visioner dan pembangunan berkelanjutan yang telah disusun oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution.
 
"Maksud strategi kepemimpinan visioner ialah kepemimpinan yang fokus kepada visi jangka panjang," ucap Aulia di hadapan Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) LII Sesko TNI 2024, di Balai Kota Medan, Rabu.
 
Saat menerima kunjungan kuliah kerja dalam negeri (KKDN) perwira siswa Sesko TNI 2024 itu, menurut Aulia, pemimpin visioner juga harus mampu mempengaruhi serta menginspirasi orang lain untuk mencapai visi tersebut.
 
"Karakteristik dari pemimpin visioner adalah dia yang memiliki inovasi, berwawasan luas, berani mengambil resiko, dan menjadi inspirasi bagi orang lain," ujarnya.
 
Wakil wali kota juga mengatakan, pembangunan yang berkelanjutan berarti memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.
 
"Tentunya menjadi pilar utama dalam pembangunan berkelanjutan ialah ekonomi, sosial dan lingkungan," paparnya.
 
Oleh karena itu, menurut Aulia, kepemimpinan visioner sangat penting dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di suatu daerah.
 
"Dengan visi jelas, inovasi, partisipasi masyarakat, dan kemitraan strategis kita dapat wujudkan kota yang lebih hijau, inklusif, dan berdaya saing global," terang dia.
 
Aulia juga menyadari tantangan ke depan semakin berat untuk dihadapi generasi berikutnya, karena itu perlu disusun langkah strategis dalam menyiapkan karakter generasi mendatang.
 
"Kita ketahui tingginya kriminalitas linier dengan angka kemiskinan. Untuk saat ini kami sedang membangun program bagaimana anak-anak kita tidak apatis terhadap masa depannya," paparnya.
 
Tentunya dibutuhkan kolaborasi semua pemangku kepentingan, khususnya TNI dan Polri, pungkas Aulia.
 
Komandan Sesko TNI Marsekal Madya TNI Arif Widyanto melaporkan, bahwa pelaksanaan kegiatan KKDN merupakan salah satu materi dalam Sesko TNI.
 
"Nantinya para perwira siswa akan membuat suatu kajian tentang penataan wilayah, khususnya wilayah Kota Medan," jelasnya.

KKDN perwira siswa Sesko TNI 2024 itu diikuti sebanyak 25 TNI AD, 13 TNI AU, 26 TNI AL, 6 Polri dan 2 perwira dari Brunei Darussalam serta Singapura.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024