Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara siap menyiagakan tim kesehatan untuk menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

"Kami siap mendukung dalam menyukseskan PON ini, dan kami siap 24 jam," ujar Ketua PMI Provinsi Sumatera Utara Rahmat Shah di Medan, Rabu.

Rahmat Shah menyebut pihaknya dalam acara multicabang tersebut akan mempersiapkan dokter PMI, ratusan tim kesehatan maupun puluhan ambulans pada kegiatan PON ini.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Medan Zuhamsyah menambahkan untuk di wilayahnya, pihaknya berpartisipasi untuk mengerahkan tiga mobil ambulans beserta tim kesehatan.

"Kami melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dalam penugasan tersebut," ucapnya.

Zulhamsyah menambahkan jika nantinya ada kesempatan dalam aksi donor darah pada PON, pihaknya siap melaksanakan kegiatan sosial tersebut.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara menyiapkan sebanyak 1.150 tenaga medis yang disiapkan untuk menyukseskan PON di Sumut terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, ahli farmasi, sopir ambulans dan lainnya.

Untuk rumah sakit rujukan di antaranya di RS Adam Malik, RS Haji, RS Murni Teguh, RSUD Parapat, RSUD Amri Tambunan dan lainnya.

Serta 10 medical center, di antaranya berada di Kabupaten Deli Serdang, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Toba, Kota Binjai, Kota Pematang Siantar, dan Kabupaten Toba.

PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024. Pelaksanaan di Sumut melibatkan 6.281 atlet dengan dukungan 3.140 orang ofisial. Sementara di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Pesta olahraga multicabang nasional itu nantinya akan dibuka di Aceh dan ditutup secara resmi di Sumut.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PMI Sumut siap siagakan tim kesehatan untuk sukseskan PON 2024

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024