Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara memboyong 20 petinju binaannya ke kawasan perkebunan PTPN IV di Kabupaten Simalungun untuk menjalani pemusatan latihan sebagai upaya memaksimalkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasinal (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

Pelatih Tinju PON Sumut Anharsyahtua Harahap yang dihubungi dari Medan, Sabtu, mengatakan para petinju yang disiapkan untuk menghadapi PON tersebut mulai menjalani pemusatan latihan di kawasan perkebunan tersebut sejak 20 Juni 2024 lalu.

"Mereka ditempatkan di mess Gedung Putih Manalu.Pemusatan latihan di perkebunan ini dilakukan sampai 7 September 2024 dan selanjutnya akan langsung ke lokasi arena tinju PON di Pematang Siantar pada 8-20 September 2024," katanya.

Ia mengatakan, kawasan perkebunan tersebut dipilih sebagai sarana bagi petinju untuk berlatih di alam terbuka.

Selain jadi sarana refreshing, program itu juga dinilai bagus untuk peningkatan dan pemeliharaan stamina. Namun fokus mereka sebulan ke depan pada pendalaman strategi dan teknik.

"Fokusnya pemeliharaan kondisi stamina, strategi dan pendalaman teknik bertanding dengan mempelajari calon-calon lawan yg bakal dihadapi," katanya.

Anhar yang menangani petinju bersama Liston Tampubolon, Nazaruddin Lubis dan Togap Marbun menilai persiapan tim sejauh ini sangat bagus yang juga tidak terlepas dari perhatian besar Ketua Pengprov Pertina Sumut Sabam Manalu.

"Beliau begitu intens memantau perkembangan atlet dan pelatih dengan memfasilitasi Pelatda penuh jangka panjang secara mandiri. Semoga target bisa tercapai," katanya.

Pertina Sumut akan menurunkan 20 petinju untuk mengisi 20 nomor pertandingan di PON mendatang dan target 10 medali emas yang telah dicanangkan diharapkan bisa diraih petinju Sumut selaku tuan rumah.

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024