Peningkatan layanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan, Kabupaten Mandailng Natal terus berlanjut. Tidak hanya berupa infrastruktur gedung, perlengkapan kebutuhan medis terus menjadi prioritas pemerintan daerah dalam menjawab tuntutan kebutuhan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan.

Seperti saat ini misalnya, rumah sakit milik pemerintah daerah itu telah memiliki alat pemeriksaan performa dan kelistrikan jantung (Treadmill Test). 

"Treadmill test atau exercise stress test digunakan untuk menentukan seberapa baik jantung merespons selama aktivitas fisik," sebut Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution, Selasa (23/7) saat meninjau pengoperasian alat tersebut di RSUD Panyabungan.

Dalam kunjungannya ke RSUD Panyabungan itu, Wabub Atika juga sempat menyaksikan langsung proses test dimulai dari pasien berjalan diatas treadmill dengan langkah lambat. Pada tubuh pasien juga terlihat terpasang elektroda yang dihubungkan dengan EKG.

Selanjutnya, pasien diberikan peningkatan kecepatan pada treadmill setiap tiga menit. Pemantauan dilakukan sepanjang proses oleh dokter spesialis jantung dr Rizki Anindita P Matondang Sp.JP.

Dalam prosesnya, petugas juga mengamati tekanan darah, denyut jantung, dan EKG. Selanjutnya, treadmill diperlambat dan diturunkan secara bertahap hingga berhenti.

“Saya mengunjungi ruang Treadmil dengan dokter spesialis jantung, dan menyaksikan langsung pengoperasian ini,” kata Atika.

Dengan adanya alat tersebut, Atika berharap dapat membantu masyarakat yang hendak melakukan pengecekan jantung dan cek kebugaran.

"Bagi masyarakat yang hendak melakukan pengecekan jantung koroner tidak perlu jauh-jauh sudah bisa di RSUD Panyabungan," sebut dia.

Atika menjelaskan, tujuan dari adanya alat-alat tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan agar selaras dengan paripurna bintang 5 yang diraih rumah sakit itu.

“Maka pelayanan harus diselaraskan dengan yang kita sandang,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Panyabungan, dr Rusli Pulungan Sp. THT-KL (K) menjelaskan, seseorang yang sering mengalami gejala penyakit jantung seperti nyeri dada, detak jantung tidak teratur (aritmia), maupun pasien dengan faktor resiko seperti perokok, obesitas, dan hipertensi disarankan melakukan pemeriksaan treadmill.

Upaya ini sebut Rusli untuk mendeteksi dini gangguan pembuluh darah jantung.

“Staf RSUD Panyabungan harus mengikuti pelatihan untuk bisa menyelaraskan alat yang akan masuk tahun ini. Dan alhamdulillah kedepan juga akan ada alat yang akan masuk,” ungkapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024