Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menyosialisasikan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 melalui aktivitas UMKM di Hari Koperasi (Harkop) Festival 2024 di Medan, Minggu.

"Kami ingin masyarakat semakin mengetahui bahwa di Sumut akan ada sebuah acara nasional," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Sumut Naslindo Sirait di Medan, Minggu.

Naslindo menyebut pihaknya menyertakan pelaku-pelaku UMKM yang menjual beberapa pernak-pernik PON 2024 di Harkop Festival 2024 yang digelar di Pekan Raya Sumatera Utara, Medan.

Barang-barang yang dijajakan itu seperti pakaian dan produk kriya misalnya tas.

"UMKM-UMKM binaan kami sudah menawarkan produknya ke masyarakat," kata Naslindo.

Meski begitu, produk UMKM terkait PON 2024 tersebut masih bertujuan untuk memperkenalkan pesta olahraga Indonesia ke-21 tersebut.

Hal tersebut disampaikan salah satu pelaku UMKM yang menjual produk terkait PON 2024 di Harkop Festival 2024, Andi Pulungan.

Oleh karena itu, menurut Andi, baju bermotif PON 2024 yang didagangkannya bukan produk terkait Panitia Besar (PB) PON 2024.

"Jadi ini sekadar promosi saja kepada masyarakat," tutur dia.

PON 2024 akan dilaksanakan di Aceh dan Sumut pada 8-20 September 2024. Pelaksanaan di Sumut melibatkan kurang lebih 6.281 atlet dan 3.140 ofisial, lalu di Aceh akan ada 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.

Pesta olahraga multicabang nasional ke-21 itu nantinya akan dibuka di Aceh dan ditutup secara resmi di Sumut.

Nantinya, UMKM yang berhak memproduksi atau menjual produk PON 2024 akan dikurasi oleh Pemprov Sumut melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM).

Pemprov Sumut menargetkan operasional seluruh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berpartisipasi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, seperti terkait biaya lokasi dan tenda, dapat diberikan secara gratis.

Sementara PB PON wilayah Sumut menyatakan, pelaku UMKM di wilayahnya dilibatkan secara luring atau temu fisik dan daring (virtual) selama berlangsungnya PON XXI 2024.
 

Pewarta: Michael Siahaan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024